ASKEP BPH BENIGNA PROSTAT HIPERPLASIA

BPH (BENIGNA PROSTAT HIPERPLASIA)

  1. PENGERTIAN
1.      Hiperplasia prostat jinak (BPH) adalah penyakit yang disebabkan oleh penuaan. Price&Wilson (2005)
2.      Hiperplasia prostat jinak adalah pembesaran kelenjar prostat nonkanker, (Corwin, 2000)
3.      BPH adalah suatu keadaan dimana prostat mengalami pembesaran memanjang keatas kedalam kandung kemih dan menyumbat aliran urin dengan cara menutupi orifisium uretra. (Smeltzer dan Bare, 2002)
4.      Hiperplasi prostat adalah pembesaran progresif dari kelenjar prostat ( secara umum pada pria > 50 tahun) yang menyebabkan berbagai derajat obstruksi uretra dan pembiasan aliran urinarius. (Doenges, 1999)

5.      Menurut Doenges (1999) dan Engram (1998) untuk mengatasi BPH, tindakan infasif medikal yang sering digunakan oleh Rumah Sakit adalah prostatektomy, yaitu tindakan pembedahan bagian prostat  (sebagian/seluruh) yang memotong uretra bertujuan untuk memperbaiki aliran urin dan menghilangkan retensi urinaria akut.  
Kesimpulan BPH (benign prostatic hyperplasia) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh faktor penuaan, dimana prostat mengalami pembesaran memanjang keatas kedalam kandung kemih dan menyumbat aliran urin dengan cara menutupi orifisium uretra. Prostatektomy merupakan tindakan pembedahan bagian prostate  (sebagian/seluruh) yang memotong uretra, bertujuan untuk memeperbaiki aliran urin dan menghilangkan retensi urinaria akut.

  1. ETIOLOGI
Menurut Purnomo (2000), hingga sekarang belum diketahui secara pasti penyebab prostat hiperplasi, tetapi beberapa hipotesis menyebutkan bahwa hiperplasi prostat erat kaitannya dengan peningkatan kadar dehidrotestosteron (DHT) dan proses penuaan. Beberapa hipotesis yang diduga sebagai penyebab timbulnya hiperplasi prostat adalah :
a.       Adanya perubahan keseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen pada usia lanjut;
b.      Peranan dari growth factor (faktor pertumbuhan) sebagai pemicu pertumbuhan stroma kelenjar prostat;
c.       Meningkatnya lama hidup sel-sel prostat karena berkurangnya sel yang mati;
d.      Teori sel stem, menerangkan bahwa terjadi proliferasi abnormal sel stem sehingga menyebabkan produksi sel stroma dan sel epitel kelenjar prostat menjadi berlebihan.
Pada umumnya dikemukakan beberapa teori :
-          Teori Sel Stem, sel baru biasanya tumbuh dari sel srem. Oleh karena suatu sebab seperti faktor usia, gangguan keseimbangan hormon atau faktor pencetus lain.
Maka sel stem dapat berproliferasi dengan cepat, sehingga terjadi hiperplasi kelenjar periuretral.
-          Teori kedua adalah teori Reawekering (Neal, 1978) menyebutkan bahwa jaringan kembali seperti perkembangan pada masa tingkat embriologi sehingga jaringan periuretral dapat tumbuh lebih cepat dari jaringan sekitarnya.
-          Teori lain adalah teori keseimbangan hormonal yang menyebutkan bahwa dengan bertanbahnya umur menyebabkan terjadinya produksi testoteron dan terjadinya konversi testoteron menjadi setrogen. ( Kahardjo, 1995).

  1. PATOFISIOLOGI
Kelenjar prostat adalah salah satu organ genetalia pria yang terletak di sebelah inferior buli-buli, dan membungkus uretra posterior. Bentuknya sebesar buah kenari dengan berat normal pada orang dewasa ± 20 gram. Menurut Mc Neal (1976) yang dikutip dan bukunya Purnomo (2000), membagi kelenjar prostat dalam beberapa zona, antara lain zona perifer, zona sentral, zona transisional, zona fibromuskuler anterior dan periuretra (Purnomo, 2000). Sjamsuhidajat (2005), menyebutkan bahwa pada usia lanjut akan terjadi perubahan keseimbangan testosteron estrogen karena produksi testosteron menurun dan terjadi konversi tertosteron menjadi estrogen pada jaringan adipose di perifer. Purnomo (2000) menjelaskan bahwa pertumbuhan kelenjar ini sangat tergantung pada hormon tertosteron, yang di dalam sel-sel kelenjar prostat hormon ini akan dirubah menjadi dehidrotestosteron (DHT) dengan bantuan enzim alfa reduktase. Dehidrotestosteron inilah yang secara langsung memacu m-RNA di dalam sel-sel kelenjar prostat untuk mensintesis protein sehingga terjadi pertumbuhan kelenjar prostat.
Oleh karena pembesaran prostat terjadi perlahan, maka efek terjadinya perubahan pada traktus urinarius juga terjadi perlahan-lahan. Perubahan patofisiologi yang disebabkan pembesaran prostat sebenarnya disebabkan oleh kombinasi resistensi uretra daerah prostat, tonus trigonum dan leher vesika dan kekuatan kontraksi detrusor. Secara garis besar, detrusor dipersarafi oleh sistem parasimpatis, sedang trigonum, leher vesika dan prostat oleh sistem simpatis. Pada tahap awal setelah terjadinya pembesaran prostat akan terjadi resistensi yang bertambah pada leher vesika dan daerah prostat. Kemudian detrusor akan mencoba mengatasi keadaan ini dengan jalan kontraksi lebih kuat dan detrusor menjadi lebih tebal. Penonjolan serat detrusor ke dalam kandung kemih dengan sistoskopi akan terlihat seperti balok yang disebut trahekulasi (buli-buli balok). Mukosa dapat menerobos keluar diantara serat aetrisor. Tonjolan mukosa yang kecil dinamakan sakula sedangkan yang besar disebut divertikel. Fase penebalan detrusor ini disebut Fase kompensasi otot dinding kandung kemih. Apabila keadaan berlanjut maka detrusor menjadi lelah dan akhirnya mengalami dekompensasi dan tidak mampu lagi untuk berkontraksi sehingga terjadi retensi urin.Pada hiperplasi prostat digolongkan dua tanda gejala yaitu obstruksi dan iritasi. Gejala obstruksi disebabkan detrusor gagal berkontraksi dengan cukup lama dan kuat sehingga kontraksi terputus-putus (mengganggu permulaan miksi), miksi terputus, menetes pada akhir miksi, pancaran lemah, rasa belum puas setelah miksi. Gejala iritasi terjadi karena pengosongan yang tidak sempurna atau pembesaran prostat akan merangsang kandung kemih, sehingga sering berkontraksi walaupun belum penuh atau dikatakan sebagai hipersenitivitas otot detrusor (frekuensi miksi meningkat, nokturia, miksi sulit ditahan/urgency, disuria).
Karena produksi urin terus terjadi, maka satu saat vesiko urinaria tidak mampu lagi menampung urin, sehingga tekanan intravesikel lebih tinggi dari tekanan sfingter dan obstruksi sehingga terjadi inkontinensia paradox (overflow incontinence). Retensi kronik menyebabkan refluks vesiko ureter dan dilatasi. ureter dan ginjal, maka ginjal akan rusak dan terjadi gagal ginjal. Kerusakan traktus urinarius bagian atas akibat dari obstruksi kronik mengakibatkan penderita harus mengejan pada miksi yang menyebabkan peningkatan tekanan intraabdomen yang akan menimbulkan hernia dan hemoroid. Stasis urin dalam vesiko urinaria akan membentuk batu endapan yang menambal. Keluhan iritasi dan hematuria. Selain itu, stasis urin dalam vesika urinaria menjadikan media pertumbuhan mikroorganisme, yang dapat menyebabkan sistitis dan bila terjadi refluks menyebabkan pyelonefritis (Sjamsuhidajat, 2005)

  1. MANIFESTASI KLINIS
Gambaran klinis pada hiperplasi prostat digolongkan dua tanda gejala yaitu obstruksi dan iritasi. Gejala obstruksi disebabkan detrusor gagal berkontraksi dengan cukup lama dan kuat sehingga mengakibatkan: pancaran miksi melemah, rasa tidak puas sehabis miksi, kalau mau miksi harus menunggu lama (hesitancy), harus mengejan (straining) kencing terputus-putus (intermittency), dan waktu miksi memanjang yang akhirnya menjadi retensio urin dan inkontinen karena overflow.
Gejala iritasi, terjadi karena pengosongan yang tidak sempurna atau pembesaran prostat akan merangsang kandung kemih, sehingga sering berkontraksi walaupun belum penuh atau dikatakan sebagai hipersenitivitas otot detrusor dengan tanda dan gejala antara lain: sering miksi (frekwensi), terbangun untuk miksi pada malam hari (nokturia), perasaan ingin miksi yang mendesak (urgensi), dan nyeri pada saat miksi (disuria) (Mansjoer, 2000)
Derajat berat BPH menurut Sjamsuhidajat (2005) dibedakan menjadi 4 stadium :
a)      Stadium I
Ada obstruktif tapi kandung kemih masih mampu mengeluarkan urine sampai habis.
b)      Stadium II
Ada retensi urine tetapi kandung kemih mampu mengeluarkan urine walaupun tidak sampai habis, masih tersisa kira-kira 60-150 cc. Ada rasa ridak enak BAK atau disuria dan menjadi nocturia.
c)      Stadium III
Setiap BAK urine tersisa kira-kira 150 cc.
d)     Stadium IV
Retensi urine total, buli-buli penuh pasien tampak kesakitan, urine menetes secara periodik (over flow inkontinen).
Menurut Brunner and Suddarth (2002) menyebutkan bahwa :
Manifestasi dari BPH adalah peningkatan frekuensi penuh, nokturia, dorongan ingin berkemih, anyang-anyangan, abdomen tegang, volume urine yang turun dan harus mengejan saat berkemih, aliran urine tak lancar, dribbing (urine terus menerus setelah berkemih), retensi urine akut.
Adapun pemeriksaan kelenjar prostat melalui pemeriksaan di bawah ini :
a.       Rectal Gradding
Dilakukan pada waktu vesika urinaria kosong :
-          Grade 0     : Penonjolan prosrar 0-1 cm ke dalam rectum.
-          Grade 1     : Penonjolan prosrar 1-2 cm ke dalam rectum.
-          Grade 2     : Penonjolan prosrar 2-3 cm ke dalam rectum.
-          Grade 3     : Penonjolan prosrar 3-4 cm ke dalam rectum.
-          Grade 4     : Penonjolan prosrar 4-5 cm ke dalam rectum.
b.      Clinical Gradding
Banyaknya sisa urine diukur tiap pagi hari setelah bangun tidur, disuruh kencing dahulu kemudian dipasang kateter.
-          Normal      : Tidak ada sisa
-          Grade I      : sisa 0-50 cc
-          Grade II    : sisa 50-150 cc
-          Grade III   : sisa > 150 cc
-          Grade IV   : pasien sama sekali tidak bisa kencing.

  1. KOMPLIKASI
Komplikasi yang sering terjadi pada pasien BPH antara lain: sering dengan semakin beratnya BPH, dapat terjadi obstruksi saluran kemih, karena urin tidak mampu melewati prostat. Hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan apabila tidak diobati, dapat mengakibatkan gagal ginjal. (Corwin,  2000)
Kerusakan traktus urinarius bagian atas akibat dari obstruksi kronik mengakibatkan penderita harus mengejan pada miksi yang menyebabkan peningkatan tekanan intraabdomen yang akan menimbulkan hernia dan hemoroid. Stasis urin dalam vesiko urinaria akan membentuk batu endapan yang menambah keluhan iritasi dan hematuria. Selain itu, stasis urin dalam vesika urinaria menjadikan media pertumbuhan mikroorganisme, yang dapat menyebabkan sistitis dan bila terjadi refluks menyebabkan pyelonefritis (Sjamsuhidajat,  2005).

  1. PENATALAKSANAAN MEDIS
Menurut Sjamsuhidjat (2005) dalam penatalaksanaan pasien dengan BPH tergantung pada stadium-stadium dari gambaran klinis
a.   Stadium I
Pada stadium ini biasanya belum memerlukan tindakan bedah, diberikan pengobatan konservatif, misalnya menghambat adrenoresptor alfa seperti alfazosin dan terazosin. Keuntungan obat ini adalah efek positif segera terhadap keluhan, tetapi tidak mempengaruhi proses hiperplasi prostat. Sedikitpun kekurangannya adalah obat ini tidak dianjurkan untuk pemakaian lama.
b.  Stadium II
Pada stadium II merupakan indikasi untuk melakukan pembedahan biasanya dianjurkan reseksi endoskopi melalui uretra (trans uretra)
c.   Stadium III
Pada stadium II reseksi endoskopi dapat dikerjakan dan apabila diperkirakan prostat sudah cukup besar, sehinga reseksi tidak akan selesai dalam 1 jam. Sebaiknya dilakukan pembedahan terbuka. Pembedahan terbuka dapat dilakukan melalui trans vesika, retropubik dan perineal.
d.  Stadium IV
Pada stadium IV yang harus dilakukan adalah membebaskan penderita dari retensi urin total dengan memasang kateter atau sistotomi. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan lebih lanjut amok melengkapi diagnosis, kemudian terapi definitive dengan TUR atau pembedahan terbuka.
Pada penderita yang keadaan umumnya tidak memungkinkan dilakukan pembedahan dapat dilakukan pengobatan konservatif dengan memberikan obat penghambat adrenoreseptor alfa. Pengobatan konservatif adalah dengan memberikan obat anti androgen yang menekan produksi LH.
Menurut Mansjoer (2000) dan Purnomo (2000), penatalaksanaan pada BPH dapat dilakukan dengan:
a.       Observasi
Kurangi minum setelah makan malam, hindari obat dekongestan, kurangi kopi, hindari alkohol, tiap 3 bulan kontrol keluhan, sisa kencing dan colok dubur.
b.      Medikamentosa
1)      Mengharnbat adrenoreseptor α
2)      Obat anti androgen
3)      Penghambat enzim α -2 reduktase
4)      Fisioterapi
c.       Terapi Bedah
Indikasinya adalah bila retensi urin berulang, hematuria, penurunan fungsi ginjal, infeksi saluran kemih berulang, divertikel batu saluran kemih, hidroureter, hidronefrosis jenis pembedahan:
1)      TURP (Trans Uretral Resection Prostatectomy)
Yaitu pengangkatan sebagian atau keseluruhan kelenjar prostat melalui sitoskopi atau resektoskop yang dimasukkan malalui uretra.
2)      Prostatektomi Suprapubis
Yaitu pengangkatan kelenjar prostat melalui insisi yang dibuat pada kandung kemih.
3)      Prostatektomi retropubis
Yaitu pengangkatan kelenjar prostat melalui insisi pada abdomen bagian bawah melalui fosa prostat anterior tanpa memasuki kandung kemih.
4)      Prostatektomi Peritoneal
Yaitu pengangkatan kelenjar prostat radikal melalui sebuah insisi diantara skrotum dan rektum.
5)      Prostatektomi retropubis radikal
Yaitu pengangkatan kelenjar prostat termasuk kapsula, vesikula seminalis dan jaringan yang berdekatan melalui sebuah insisi pada abdomen bagian bawah, uretra dianastomosiskan ke leher kandung kemih pada kanker prostat.
d.      Terapi Invasif Minimal
1)      Trans Uretral Mikrowave Thermotherapy (TUMT)
Yaitu pemasangan prostat dengan gelombang mikro yang disalurkan ke kelenjar prostat melalui antena yang dipasang melalui/pada ujung kateter.
2)      Trans Uretral Ultrasound Guided Laser Induced Prostatectomy (TULIP)
3)      Trans Uretral Ballon Dilatation (TUBD)

  1. PEMERIKSAAN PENUNJANG
Menurut Doenges (1999), pemeriksaan penunjang yang mesti dilakukan pada pasien dengan BPH adalah :
a.       Laboratorium
1).  Sedimen Urin
Untuk mencari kemungkinan adanya proses infeksi atau inflamasi saluran kemih.
2).  Kultur Urin
Mencari jenis kuman yang menyebabkan infeksi atau sekaligus menentukan sensitifitas kuman terhadap beberapa antimikroba yang diujikan.
b.      Pencitraan
1).  Foto polos abdomen
Mencari kemungkinan adanya batu saluran kemih atau kalkulosa prostat dan kadang menunjukan bayangan buii-buli yang penuh terisi urin yang merupakan tanda dari retensi urin.
2).  IVP (Intra Vena Pielografi)
Mengetahui kemungkinan kelainan ginjal atau ureter berupa hidroureter atau hidronefrosis, memperkirakan besarnya kelenjar prostat, penyakit pada buli-buli.
3).  Ultrasonografi (trans abdominal dan trans rektal)
Untuk mengetahui, pembesaran prostat, volume buli-buli atau mengukur sisa urin dan keadaan patologi lainnya seperti difertikel, tumor.
4).  Systocopy
Untuk mengukur besar prostat dengan mengukur panjang uretra parsprostatika dan melihat penonjolan prostat ke dalam rektum.

KONSEP DASAR KEPERAWATAN

  1. PENGKAJIAN
Pengkajian pada pasien BPH dilakukan dengan pendekatan proses keperawatan. Menurut Doenges (1999) fokus pengkajian pasien dengan BPH adalah sebagai berikut :
a.       Sirkulasi
Pada kasus BPH sering dijumpai adanya gangguan sirkulasi; pada kasus preoperasi dapat dijumpai adanya peningkatan tekanan darah yang disebabkan oleh karena efek pembesaran ginjal. Penurunan tekanan darah; peningkatan nadi sering dijumpai pada. kasus postoperasi BPH yang terjadi karena kekurangan volume cairan.
b.      Integritas Ego
Pasien dengan kasus penyakit BPH seringkali terganggu integritas egonya karena memikirkan bagaimana akan menghadapi pengobatan yang dapat dilihat dari tanda-tanda seperti kegelisahan, kacau mental, perubahan perilaku.
c.       Eliminasi
Gangguan eliminasi merupakan gejala utama yang seringkali dialami oleh pasien dengan preoperasi, perlu dikaji keragu-raguan dalam memulai aliran urin, aliran urin berkurang, pengosongan kandung kemih inkomplit, frekuensi berkemih, nokturia, disuria dan hematuria. Sedangkan pada postoperasi BPH yang terjadi karena tindakan invasif serta prosedur pembedahan sehingga perlu adanya obervasi drainase kateter untuk mengetahui adanya perdarahan dengan mengevaluasi warna urin. Evaluasi warna urin, contoh : merah terang dengan bekuan darah, perdarahan dengan tidak ada bekuan, peningkatan viskositas, warna keruh, gelap dengan bekuan. Selain terjadi gangguan eliminasi urin, juga ada kemugkinan terjadinya konstipasi. Pada preoperasi BPH hal tersebut terjadi karena protrusi prostat ke dalam rektum, sedangkan pada postoperasi BPH, karena perubahan pola makan dan makanan.
d.      Makanan dan cairan
Terganggunya sistem pemasukan makan dan cairan yaitu karena efek penekanan/nyeri pada abomen (pada preoperasi), maupun efek dari anastesi pada postoperasi BPH, sehingga terjadi gejala: anoreksia, mual, muntah, penurunan berat badan, tindakan yang perlu dikaji adalah awasi masukan dan pengeluaran baik cairan maupun nutrisinya.
e.       Nyeri dan kenyamanan
Menurut hierarki Maslow, kebutuhan rasa nyaman adalah kebutuhan dasar yang utama. Karena menghindari nyeri merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Pada pasien postoperasi biasanya ditemukan adanya nyeri suprapubik, pinggul tajam dan kuat, nyeri punggung bawah.
f.       Keselamatan/ keamanan
Pada kasus operasi terutama pada kasus penyakit BPH faktor keselamatan tidak luput dari pengkajian perawat karena hal ini sangat penting untuk menghindari segala jenis tuntutan akibat kelalaian paramedik, tindakan yang perlu dilakukan adalah kaji adanya tanda-tanda infeksi saluran perkemihan seperti adanya demam (pada preoperasi), sedang pada postoperasi perlu adanya inspeksi balutan dan juga adanya tanda-tanda infeksi baik pada luka bedah maupun pada saluran perkemihannya.
g.      Seksualitas
Pada pasien BPH baik preoperasi maupun postoperasi terkadang mengalami masalah tentang efek kondisi/terapi pada kemampuan seksualnya, takut inkontinensia/menetes selama hubungan intim, penurunan kekuatan kontraksi saat ejakulasi, dan pembesaran atau nyeri tekan pada prostat.
h.      Laboratorium
Pemeriksaan laboratorium diperlukan pada pasien preoperasi maupun postoperasi BPH. Pada preoperasi perlu dikaji, antara lain urin analisa, kultur urin, urologi., urin, BUN/kreatinin, asam fosfat serum, SDP/sel darah putih. Sedangkan pada postoperasinya perlu dikaji kadar hemoglobin dan hematokrit karena imbas dari perdarahan. Dan kadar leukosit untuk mengetahui ada tidaknya infeksi.





           


Perubahan usia (usia lanjut)


 


Ketidakseimbangan produksi estrogen dan testosteron



 
    
Kadar Testoteron menurun                                                     Kadar Estrogen meningkat
CEMAS
 
        

Proligerasi sel prostat                                                  Hiperplasi sel stroma pada jaringan prostat











 
KURANG PENGETAHUAN
 
 








 
         Obstruksi saluran kemih                                                                                                  Pembedahan
                                                                                                         BPH
IMMOBILITAS FISIK
 
                                                                                     








 
Kompensasi otot destruksor        Dekompensasi otot destruksor
                                                                                                             
                                                                                                Perdarahan               Terputusnya kontinuitas jaringan







RETENSI URINE
 

 
Spasme otot            Penebalan
RISIKO KERUSAKAN INTEGRITAS KULIT
 
NYERI AKUT
 
destruksor               dinding urinaria











RESIKO KEKURANGAN VOLUME CAIRAN
 

 


Otot suprapubik        Kontraksi otot                                                           Adanya media masuk
                                                                                                                       kuman
NYERI AKUT
 
                                     
                                      Kesulitan berkemih


RESIKO INFEKSI
 
 
                               
                                  Dipasang kateter


  1. DIAGNOSA KEPERAWATAN
Preoperasi
1)      Retensi urine berhubungan dengan tekanan uretral tinggi karena kelemahan detrusor (dekompensasi otot detrusor).
2)      Nyeri akut berhubungan dengan agen cidera ( iritasi kandung kemih, spame, sesuai dengan prosedur bedah atau tekanan dari balon kandung kemih).
3)      Resiko infeksi berhubungan dengan peningkaran paparan lingkungan terhadap patogen (pemasangan kateter).
4)      Cemas berhubungan dengan akan dilakukannya tindakan operasi.
5)      Kurang pengetahuan berhubungan dengan keterbatasan informasi mengenai pengobatan.
Pascaoperasi
1)      Resiko kekurangan volume cairan berhubungan dengan pasca obstruksi dengan diuresis dari drainase cepat kandung kemih yang terlalu distensi secara kronis.
2)      Nyeri akut berhubungan dengan agen cidera biologi ( terputusnya kontinuitas jaringan akibat pembedahan).
3)      Kerusakan mobilitas fisik berhubungan dengan kerusakan neurovaskuler (nyeri).
4)      Resiko kerusakan integritas kulit berhubungan dengan imobilisasi fisik.
5)      Resiko infeksi berhubungan dengan peningkaran paparan lingkungan terhadap patogen (adanya media masuknya kuman akibat prosedur invasif).

  1. INTERVENSI
Preoperasi
DX I    :Retensi urine berhubungan dengan tekanan uretral tinggi karena kelemahan detrusor (dekompensasi otot detrusor).
Tujuan:   Setelah dilakukan tindakan keperawatan diharapkan pengeluaran urine lancar.
NOC: Inkontinensi urine
Kriteria Hasil:
1.      Bebas dari kebocoran urine diantara berkemih.         
2.      Kandung kemih kosong sempurna
3.      Tidak ada sisa setelah buang air > 100-200cc.
4.      Asupan cairan dalam rentang yang diharapkan.
Ket Skala:
1 = Tidak pernah menunjukkan
2 = Jarang menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Sering menunjukkan
5 = Selalu menunjukkan
NIC: Katerisasi urine
1)      Pantau asupan dalam haluaran urine.
2)      Pantau derajat distensi kandung kemih dengan palpasi dan perkusi.
3)      Instrusikan pasien dan keluarga untuk mencatat haluran urine bila diperlukan..
4)      Rujuk pada spesialis kontinensia urine jika diperlukan..
DX II  : Nyeri akut berhubungan dengan agen cidera ( iritasi kandung kemih, spame, sesuai dengan prosedur bedah atau tekanan dari balon kandung kemih)
Tujuan:   Setelah dilakukan tindakan keperawatan diharapkan nyeri berkurang atau hilang.
a.       NOC 1: Level Nyeri
Kriteria Hasil:
1.      Laporkan frekuensi nyeri                   
2.      Kaji frekuensi nyeri
3.      Lamanya nyeri berlangsung
4.      Ekspresi wajah terhadap nyeri
5.      Perubahan TTV
b.      NOC 2: Kontrol Nyeri
Kriteria Hasil:
1.      Mengenal faktor penyebab
2.      Gunakan tindakan pencegahan
3.      Gunakan tindakan non analgetik
4.      Gunakan analgetik yang tepat

Ket Skala:
1 = Tidak pernah menunjukkan
2 = Jarang menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Sering menunjukkan
5 = Selalu menunjukkan
NIC: Manajemen Nyeri
5)      Kaji secara menyeluruh tentang nyeri termasuk lokasi, durasi, frekuensi, intensitas, dan faktor penyebab.
6)      Observasi isyarat non verbal dari ketidaknyamanan terutama jika tidak dapat berkomunikasi secara efektif.
7)      Berikan analgetik dengan tepat.
8)      Berikan informasi tentang nyeri seperti penyebab nyeri, berapa lama akan berakhir dan antisipasi ketidaknyamanan dari prosedur.
9)      Ajarkan teknik non farmakologi (misalnya: relaksasi, guide, imagery,terapi musik,distraksi)
DX III : Resiko infeksi berhubungan dengan peningkaran paparan lingkungan terhadap patogen (pemasangan kateter).
Tujuan:   Setelah dilakukan tindakan keperawatan diharapkan infeksi tidak  terjadi.
a.       NOC 1: Deteksi Infeksi
Kriteria Hasil:
1.      Mengukur tanda dan gejala yang mengindikasikan infeksi
2.      Berpartisipasi dalam perawatan kesehatan
3.      Mampu mengidentifikasi potensial resiko
b.      NOC 2: Pengendalian Infeksi
Kriteria Hasil:
1.      Pengetahuan tentang adanya resiko infeksi
2.      Mampu memonitor faktor resiko dari lingkungan
3.      Membuat strategi untuk mengendalikan resiko infeksi
4.      Mengatur gaya hidup untuk mengurangi resiko

Ket Skala:
1 = Selalu menunjukkan
2 = Sering menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Jarang menunjukkan
5 = Tidak pernah menunjukkan
NIC: Teaching diases proses
1)      Deskripsikan proses penyakit dengan tepat
2)      Sediakan informasi tentang kondisi pasien
3)      Diskusikan perawatan yang akan dilakukan
4)      Gambaran tanda dan gejala penyakit
5)      Instruksikan pasien untuk melaporkan kepada perawat untuk melaporkan tentang tanda dan gejala yang dirasakan.
DX IV             : Cemas berhubungan dengan akan dilakukannya tindakan operasi.
Tujuan             : Setelah dilakukan tindakan keperawatan diharapkan pasien dan  keluarga tidak mengalami kecemasan.
NOC: Control Cemas
Kriteria Hasil:
1.      Monitor Intensitas kecemasan
2.      Menurunkanstimulasi lingkungan ketika cemas
3.      Menggunakan strategi koping efektif
4.      Mencari informasi untuk menurunkan cemas
5.      Menggunakan teknik relaksasi untuk menurunkan cemas
Ket Skala:
1 = Tidak pernah dilakukan
2 = Jarang dilakukan
3 = Kadang dilakukan
4 = Sering dilakukan
5 = Selalu dilakukan
NIC: Penurunan Kecemasan
1)      Tenangkan Klien
2)      Jelaskan seluruh prosedur tindakan kepada klien dan perasaan yang mungkin muncul pada saat melakukan tindakan
3)      Berikan informasi tentang diagnosa, prognosis, dan tindakan.
4)      Temani pasien untuk mendukung keamanan dan menurunkan rasa sakit.
5)      Instruksikan pasien untuk menggunakan metode/ teknik relaksasi.
DX V   : Kurang pengetahuan berhubungan dengan keterbatasan informasi mengenai pengobatan.
Tujuan:   Setelah dilakukan tindakan keperawatan diharapkan pengetahuan pasien dan keluarga bertambah.
NOC: Pengetahuan: proses penyakit.
Kriteria Hasil:
a.       Mengenal tentang penyakit
b.      Menjelaskan proses penyakit
c.       Menjelaskan penyebab/faktor yang berhubungan
d.      Menjelaskan faktor resiko
e.       Menjelaskan komplikasi dari penyakit
f.       Menjelaskan  tanda dan gejala dari penyakit
Ket Skala:
1 = Tidak pernah menunjukkan
2 = Jarang menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Sering menunjukkan
5 = Selalu menunjukkan
NIC:
a.       NIC 1: Health Care Information exchange
1)      Identifikasi pemberi pelayanan keperawatan yang lain
2)      Identifikasi kemampuan pasien dan keluarga dalam mengimplementasikan keperawatan setelah penjelasan
3)      Jelaskan peran keluarga dalam perawatan yang berkesinambungan
4)      Jelaskan program perawatan medik meliputi; diet, pengobatan, dan latihan.
5)      Jelaskan rencana tindakan keperawatan sebelum mengimplementasikan
b.      NIC 2: Health Education
1)      Jelaskan faktor internal dan eksternal yang dapat menambah atau mengurangi dalam perilaku kesehatan.
2)      Jelaskan pengaruh kesehatan danperilaku gaya hidup individu,keluarga/lingkungan.
3)      Identifikasi lingkungan yang dibutuhkan dalam program perawatan.
4)      Anjurkan pemberian dukungan dari keluarga dan keluarga untuk membuat perilaku kondusif.

Pascaoperasi
DX I    : Resiko kekurangan volume cairan berhubungan dengan pasca obstruksi dengan diuresis dari drainase cepat kandung kemih yang terlalu distensi secara kronis.
Tujuan : Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama proses keperawatan  diharapkan kebutuhan cairan dan elektrolit terpenuhi.   
NOC      :        Fluid balance
KH         :       
1. Mempertahankan urine output sesuai dengan usia
2.  Tekanan darah, nadi, suhu tubuh dalam batas normal
3. Tidak ada tanda-tanda dehidrasi, elastisitas turgor kulit baik.
4. Membran mukosa lembab, tidak ada rasa haus yang berlebihan.
Keterangan skala:
1.   Tidak pernah menunjukkan
2.   Jarang menunjukkan
3.   Kadang menunjukkan
4.   Sering menunjukkan
5.   Selalu menunjukkan
NIC                 :     Fluid manajement
1.      Pertahankan catatan intake dan output yang akurat.
2.      Monitor status hidrasi (kelemahan membran mukosa, nadi adekuat)
3.      Monitor vital sign
4.      Monitor cairan/makanan dan hitung intake kalon harian
5.      Kolaborasikan pemberian cairan IV
6.      Masukkan oral
7.      Keluarga untuk membantu pasien maka
DX II  : Nyeri akut berhubungan dengan agen cidera biologi ( terputusnya kontinuitas jaringan akibat pembedahan).
Tujuan:   Setelah dilakukan tindakan keperawatan diharapkan nyeri berkurang atau hilang.
a.       NOC 1: Level Nyeri
Kriteria Hasil:
6.      Laporkan frekuensi nyeri                   
7.      Kaji frekuensi nyeri
8.      Lamanya nyeri berlangsung
9.      Ekspresi wajah terhadap nyeri
10.  Perubahan TTV
b.      NOC 2: Kontrol Nyeri
Kriteria Hasil:
1.      Mengenal faktor penyebab
2.      Gunakan tindakan pencegahan
3.      Gunakan tindakan non analgetik
4.      Gunakan analgetik yang tepat
Ket Skala:
1 = Tidak pernah menunjukkan
2 = Jarang menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Sering menunjukkan
5 = Selalu menunjukkan
NIC: Manajemen Nyeri
1)      Kaji secara menyeluruh tentang nyeri termasuk lokasi, durasi, frekuensi, intensitas, dan faktor penyebab.
2)      Observasi isyarat non verbal dari ketidaknyamanan terutama jika tidak dapat berkomunikasi secara efektif.
3)      Berikan analgetik dengan tepat.
4)      Berikan informasi tentang nyeri seperti penyebab nyeri, berapa lama akan berakhir dan antisipasi ketidaknyamanan dari prosedur.
5)      Ajarkan teknik non farmakologi (misalnya: relaksasi, guide, imagery,terapi musik,distraksi)
DX III : Kerusakan mobilitas fisik berhubungan dengan kerusakan neurovaskuler (nyeri).
Tujuan:   Setelah dilakukan tindakan keperawatan diharapkan pasien dapat meningkatkan mobilisasi pada tingkat yang paling tinggi
NOC: Mobility level
Kriteria Hasil:
a.       Keseimbangan penampilan
b.      Memposisikan tubuh
c.       Gerakan otot
d.      Gerakan sendi
e.       Ambulansi jalan
f.       Ambulansi kursi roda
Ket Skala:
1 = Dibantu total
2 = Memerlukan bantuan orang lain dan alat
3 = Memerlukan orang lain
4 = Dapat melakukan sendiri dengan bantuan alat
5 = Mandiri
            NIC: Exercise Therapy: Ambulation
1)      Bantu pasien untuk menggunakan fasilitas alat bantu jalan dan cegah kecelakaan atau jatuh
2)      Tempatkan tempat tidur pada posisi yang mudah dijangkau/diraih pasien.
3)      Konsultasikan dengan fisioterapi tentang rencana ambulansi sesuai kebutuhan
4)      Monitor pasien dalam menggunakan alatbantujalan yang lain
5)      Instruksikan pasien/pemberi pelayanan ambulansi tentang teknik ambulansi.
DX IV : Resiko kerusakan integritas kulit berhubungan dengan imobilisasi fisik.
Tujuan:   Setelah dilakukan tindakan keperawatan diharapkan kerusakan integritas kulit tidak terjadi.
NOC: Integritas Jaringan: kulit dan membran mukosa
Kriteria Hasil:
a.       Sensasi normal
b.      Elastisitas normal
c.       Warna
d.      Tekstur
e.       Jaringan bebas lesi
f.       Adanya pertumbuhan rambut dikulit
g.      Kulit utuh
Ket Skala:
1 = Kompromi luar biasa
2 = Kompromi baik
3 = Kompromi kadang-kadang
4 = Jarang kompromi
5 = Tidak pernah kompromi
NIC: Skin Surveilance
1)      Observation ekstremitas oedema, ulserasi, kelembaban
2)      Monitor warna kulit
3)      Monitor temperatur kulit
4)      Inspeksi kulit dan membran mukosa
5)      Inspeksi kondisi insisi bedah
6)      Monitor kulit pada daerah kerusakan dan kemerahan
7)      Monitor infeksi dan oedema
DX V   : Resiko infeksi berhubungan dengan peningkaran paparan lingkungan terhadap patogen (adanya media masuknya kuman akibat prosedur invasif).
Tujuan:   Setelah dilakukan tindakan keperawatan diharapkan infeksi tidak  terjadi.
NOC 1: Deteksi Infeksi
Kriteria Hasil:
1.      Mengukur tanda dan gejala yang mengindikasikan infeksi
2.      Berpartisipasi dalam perawatan kesehatan
3.      Mampu mengidentifikasi potensial resiko
NOC 2: Pengendalian Infeksi
Kriteria Hasil:
1.      Pengetahuan tentang adanya resiko infeksi
2.      Mampu memonitor faktor resiko dari lingkungan
3.      Membuat strategi untuk mengendalikan resiko infeksi
4.      Mengatur gaya hidup untuk mengurangi resiko
Ket Skala:
1 = Selalu menunjukkan
2 = Sering menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Jarang menunjukkan
5 = Tidak pernah menunjukkan
NIC: Teaching diases proses
6)      Deskripsikan proses penyakit dengan tepat
7)      Sediakan informasi tentang kondisi pasien
8)      Diskusikan perawatan yang akan dilakukan
9)      Gambaran tanda dan gejala penyakit
10)  Instruksikan pasien untuk melaporkan kepada perawat untuk melaporkan tentang tanda dan gejala yang dirasakan.








  1. EVALUASI
Pre operasi
DX
KRITERIA HASIL
KETERANGAN SKALA
I
NOC: Inkontinensi urine
1.   Bebas dari kebocoran urine diantara berkemih. (4 )
2.   Kandung kemih kosong sempurna. (4)
3.   Tidak ada sisa setelah buang air > 100-200cc. (4)
4.   Asupan cairan dalam rentang yang diharapkan.(4  )
1 = Tidak pernah menunjukkan
2 = Jarang menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Sering menunjukkan
5 = Selalu menunjukkan
II
NOC 1: Level Nyeri
1.      Laporkan frekuensi nyeri (4)                                
2.      Kaji frekuensi nyeri. (4)
3.      Lamanya nyeri berlangsung (4)
4.      Ekspresi wajah terhadap nyeri (4)
5.      Perubahan TTV (4)
NOC 2: Kontrol Nyeri
1.   Mengenal faktor penyebab (4)
2.   Gunakan tindakan pencegahan(4)
3.   Gunakan tindakan non analgetik(4)
4.   Gunakan analgetik yang tepat(4)
1 = Tidak pernah menunjukkan
2 = Jarang menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Sering menunjukkan
5 = Selalu menunjukkan

III
NOC 1: Deteksi Infeksi
1.   Mengukur tanda dan gejala yang mengindikasikan infeksi (4)
2.   Berpartisipasi dalam perawatan kesehatan (4)
3.   Mampu mengidentifikasi potensial resiko(4)
NOC 2: Pengendalian Infeksi
1.   Pengetahuan tentang adanya resiko infeksi(4)
2.   Mampu memonitor faktor resiko dari lingkungan
3.                  Membuat strategi untuk mengendalikan resiko infeksi. (4)
4.          3. Mengatur gaya hidup untuk mengurangi resiko (4)
5.           
1 = Tidak pernah menunjukkan
2 = Jarang menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Sering menunjukkan
5 = Selalu menunjukkan

IV
NOC: Control Cemas
1.   Monitor Intensitas kecemasan (4)
2.   Menurunkanstimulasi lingkungan ketika cemas (4)
3.   Menggunakan strategi koping efektif (4)
4.   Mencari informasi untuk menurunkan cemas (4)
5.   Menggunakan teknik relaksasi untuk menurunkan cemas (4)
1 = Tidak pernah dilakukan
2 = Jarang dilakukan
3 = Kadang dilakukan
4 = Sering dilakukan
5 = Selalu dilakukan

V
NOC: Pengetahuan: proses penyakit.
1.   Mengenal tentang penyakit (4)
2.   Menjelaskan proses penyakit(4)
3.   Menjelaskan penyebab/faktor yang berhubungan 4
4.   Menjelaskan faktor resiko(4)
5.   Menjelaskan komplikasi dari penyakit(4)
6.   Menjelaskan  tanda dan gejala dari penyakit(4)
1 = Tidak pernah menunjukkan
2 = Jarang menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Sering menunjukkan
5 = Selalu menunjukkan


            Pasca operasi
DX
KRITERIA HASIL
KETERANGAN SKALA
I
NOC      :                    Fluid balance
1. Mempertahankan urine output sesuai dengan usia 4
2. Tekanan darah, nadi, suhu tubuh dalam batas normal(4)
3. Tidak ada tanda-tanda dehidrasi, elastisitas turgor kulit baik. (4)
4. Membran mukosa lembab, tidak ada rasa haus yang berlebihan. (4)
1 = Tidak pernah menunjukkan
2 = Jarang menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Sering menunjukkan
5 = Selalu menunjukkan
II
NOC 1: Level Nyeri
1.     Laporkan frekuensi nyeri   (4)
2.     Kaji frekuensi nyeri(4)
3.     Lamanya nyeri berlangsung(4)
4.     Ekspresi wajah terhadap nyeri(4)
5.     Perubahan TTV(4)
NOC 2: Kontrol Nyeri
1.      Mengenal faktor penyebab(4)
2.      Gunakan tindakan pencegahan(4)
3.      Gunakan tindakan non analgetik(4)
4.      Gunakan analgetik yang tepat(4)
1 = Tidak pernah menunjukkan
2 = Jarang menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Sering menunjukkan
5 = Selalu menunjukkan

III
NOC: Mobility level
1.   Keseimbangan penampilan (5)
2.   Memposisikan tubuh(5)
3.   Gerakan otot(5)
4.   Gerakan sendi(5)
5.   Ambulansi jalan(5)
1 = Dibantu total
2 = Memerlukan bantuan orang lain dan alat
3 = Memerlukan orang lain
4 = Dapat melakukan sendiri dengan bantuan alat
5 = Mandiri
IV
NOC: Integritas Jaringan: kulit dan membran mukosa
1.   Sensasi normal(4)
2.   Elastisitas normal(4)
3.   Warna(4)
4.   Tekstur(4)
5.   Jaringan bebas lesi(4)
6.   Adanya pertumbuhan rambut dikulit(4)
7.   Kulit utuh(4)
1 = Kompromi luar biasa
2 = Kompromi baik
3 = Kompromi kadang-kadang
4 = Jarang kompromi
5 = Tidak pernah kompromi



V
NOC 1: Deteksi Infeksi
1.     Mengukur tanda dan gejala yang mengindikasikan
Infeksi(4)
2.      Berpartisipasi dalam perawatan kesehatan(4)
3.      Mampu mengidentifikasi potensial resiko(4)
NOC 2: Pengendalian Infeksi
1.   Pengetahuan tentang adanya resiko infeksi(4)
2.   Mampu memonitor faktor resiko dari lingkungan.4
3.   Membuat strategi untuk mengendalikan resiko infeksi. (4)
4.          4. Mengatur gaya hidup untuk mengurangi resiko(4)
1 = Tidak pernah menunjukkan
2 = Jarang menunjukkan
3 = Kadang menunjukkan
4 = Sering menunjukkan
5 = Selalu menunjukkan

DAFTAR PUSTAKA

Carpenito, L. J., 2000, Buku Saku Diagnosa Keperawatan, Edisi 8, Alih Bahasa Monica Ester, EGC, Jakarta.
Corwin, E. J., 2000, Buku Saku Pathofisiologi, Editor Endah P., EGC, Jakarta.
Doenges, M. E., Moorhous, M. F., & Geissler, A. C., 1999, Rencana Asuhan Keperawatan: Pedoman Untuk Perencanaan dan Pendokumentasian Perawatan Pasien, Edisi 3, Alih Bahasa I Made Kariasa dan Ni Made Sumarwati, EGC, Jakarta.
Engram, B, 1998, Rencana Asuhan Keperawatan Medikal Bedah, EGC, Jakarta
Jhonson, Marion, dkk. 2000. NOC. Jakarta: Morsby.
Mansjoer, A., dkk, 2000, Kapita SelektaKedokteran, Edisi Jilid 2, Media Aesculapius, Jakarta.
McCloskey, Cjoane, dkk. 1995.NIC. Jakarta: Morsby.
NANDA, 2005, Panduan Diagnosa Keperawatan. Nanda 2005-2006, Editor Budi Santoso, Prima Medika, Jakarta.
Potter, P. A., & Perry, A. G., 2005, Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Prose.c, dan Praktik, EGC, Jakarta.
Price, S. A., & Wilson, L. M., 2005, Pathofsiologi: Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit, Alih Bahasa: Editor Caroline Wijaya, Edisi 4, EGC, Jakarta.
Purnomo, B. B., 2000, Dasar-dasar Urologi, CV Info Medika, Jakarta.
Sjamsuhidajat, R., & de Jong, W., 2005, Buku Ajar Ilmu Bedah, EGC, Jakarta
Smeltzer, S. C., & Bare, B. G., 2001, Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Brunner & Suddarth, Editor Suzane, C. S., Brenda, G. B., Edisi 8, EGC, Jakarta

Comments

Popular Posts