ASKEP ASAM URAT


ASAM URAT
 Diskripsi
Asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Purin adalah zat yang terdapat pada tiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, jika kita makan daging ayam yang terdapat purin di dalamnya, maka purin itu masuk ke dalam tubuh kita. Tidak hanya daging, sayuran dan buah-buahan juga mengandung purin.


Jika tubuh dalam keadaan normal, asam urat itu akan dikeluarkan tubu melalui kotoran atau urin. Namun karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat maka yang terjadi adalah kadar asam urat dalam tubuh berlebihan. Asam urat tadi kemudian terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri dan bengkak. Oleh karena itulah maka penderita asam urat biasanya susah jalan.

Gejala
Gejala umum dari asam urat antara lain; kesemutan dan linu, nyeri di malam atau pagi hari, sendi yang terkena asam urat bengkak berwarna kemerahan.

Pengobatan
Beberapa solusi yang bisa mencegah atau mengobati asam urat dapat dilakukan dengan; melakukan pengobatan (bagi yang sudah menderita asam urat), kontrol makanan yang dikonsumsi sehari-hari, perbanyak minum air putih. Air putih ini membantu membuang purin dalam tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung banyak purin dan sebaiknya dihindari antara lain; jeroan, hati, ginjal, limpa, babgat, usus, paru dan otak, udang, kerang, cumi, kepiting, kornet, sarden, daging, telur, kuah kental, tempe, oncom, susu kedelai, bayam, kangkung, daun singkong, dan kembang kol. Selain itu minuman beralkohol. Makanan dan minuman tersebut sebaiknya dihindari.

Anemia
 Diskripsi
Setiap manusia memiliki sel darah merah dalam jumlah jutaan bahkan milliaran sel dalam tubuhnya. Di dalamnya, terdapat hemoglobin yang akan membuat darah manusia berwarna merah. Fungsi hemoglobin ini menjadi media transport oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.

Akibat dari anemia adalah transportasi akan terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia akan mengalami kekuranga oksigen guna mengahasilkan energi. Maka tidak mengeherankan jika gejala anemia ditunjukan dengan merasa cepat lelah, pucat, gelisah, dan terkadang sesak.

Penyebab umum dari anemia antara lain; kekurangan zat besi, pendarahan usus, pendarahan, genetik, kekurangan vitamin B12, kekuarangan asam folat, gangangguan sunsum tulang.

Jika kadar hemoglobin seseorang turun, ia mengalami anemia. Untuk mengetahui kekurangan kadar hemoglobin tersebut dapat diditeksi dengan pemeriksaan darah di laboratorium. Pemerikasaan darah itu meliputi pemeriksaan sel darah merah (RBC), hematokrit, hemoglobin, sel darah putih (WBC), komponen sel darah putih, dan trombosit.

Gejala

Gejala yang sering dialami penderita anemia antara lain, kelelahan, kelemahan, kurang tenaga dan kepala terasa melayang. Jika anemia bertambah berat, bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Pengobatan
Penderita anemia dapat mengonsumsi suplemen besi untuk memulihkan kekurangan sel darah merah tersebut. Selain itu,  vitamin B12 juga diperlukan. Jalan terakhir jika anemia sudah mencapai stadium akut adalah dengan transfusi darah.
Anhidrosis
Deskripsi
Anhidrosis adalah ketidakmampuan keringat normal. Meskipun ini mungkin tidak terdengar seperti kondisi serius, anhidrosis dapat mengancam nyawa. Ketika tidak berkeringat, mengakibatkan kepanasan dan kadang-kadang pitam panas.

Anhidrosis - kadang-kadang disebut hypohidrosis - bisa sulit untuk didiagnosis. Anhidrosis ringan sering kali tidak dikenali, dan lusinan faktor dapat menyebabkan kondisi, termasuk kulit trauma dan
penyakit tertentu dan obat. Anhidrosis melibatkan pengobatan mengatasi penyebab, jika seseorang dapat ditemukan.

Gejala
Tanda dan gejala anhidrosis meliputi:
* Sedikit atau tidak ada keringat
* Pusing
* Kejang otot atau kelemahan
* Pembilasan
* Merasa panas

Perawatan

Anhidrosis yang mempengaruhi sebagian kecil dari tubuh biasanya tidak menjadi masalah dan tidak membutuhkan pengobatan. Namun, jika terjadi di seluruh bagian tubuh dapat mengancam jiwa. Meskipun tidak ada pengobatan khusus untuk anhidrosis sendiri, pengobatan mungkin tersedia untuk
penyebab masalah, bukan khusus untuk anhidrosis.
Amblyopia
Deskripsi
Otak dan mata bekerja sama untuk menghasilkan penglihatan. Cahaya masuk ke mata dan diubah menjadi saraf sinyal yang kemudian dibawa saraf optik ke otak. Amblyopia adalah bagian kesehatan digunakan ketika penglihatan salah satu mata menciut karena mata dan otak tidak bekerja secara sinergis.
Mata tampak normal, tetapi sebenarnya tidak normal karena otak mengarahkan pada salah satu mata. Kondisi ini juga terkadang disebut dengan mata malas. Umumnya amblyopia diderita anak-anak.

Kemungkinan
penyebab amblyopia adalah beberapa kondisi yang mempengaruhi penglihatan normal. Amblyopia dapat disebabkan strabismus, sebuah kondisi ketidaksejajaran kedua mata. Strabismus dapat disebabkan esotropia. Terkadang amblyopia juga disebabkan ketika salah satu mata rabun.

Gejala
Anak sering mengedipkan mata dan ada satu mata yang tidak melihat arah yang sama dengan mata lainnya.

Pengobatan
Pengobatan amblyopia melibatkan anak untuk menggunakan mata dengan hasil penglihatan. Sering kali dokter "membantu" mata normal", memperkuat mata dengan menaruh lensa tambahan di baliknya atau dengan cara memberikan tetes mata untuk mengabur penglihatan, pada mata yang baik.








Biang Keringat
Deskripsi
Pada kondisi normal, kulit berfungsi sebagai penyesuai suhu tubuh dengan suhu lingkungan. Pada lapisan kulit ari terdapat kelenjar lemak dan keringat. Fungsi dari kelenjar keringat adalah membantu tubuh menyesuaikan suhu.
Pada biang keringat (keringet buntet, Jawa) terjadi penyumbatan saluran kelenjar keringat. Penyumbatan disebabkan sel-sel kulit yang mati karena tidak terbuang secara sempurna. Keringat yang tak bisa keluar tersebut menimbulkan bintik-bintik yang disertai timbulnya rasa gatal.

Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya biang keringat antara lain:
* kelembaban udara tinggi memungkinkan tubuh mengeluarkan keringat
* ventilasi udara yang kurang baik
* pakaian terlalu tebal dan ketat
* aktivitas fisik
* demam

Tambahan pengetahuan, biang keringat ini tidak saja terjadi pada anak kecil, tapi juga dapat menyerang orang dewasa. Penting dicatat, jika tidak segera diatasi biang keringat dapat menyebabkan infeksi.

Gejala
Timbul bintik-bintik kemerahan di kulit disertai rasa gatal di dahi, leher, punggung, atau dada.

Perawatan
Perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan menaburkan bedak desinfektan di tubuh atau lotion yang mengandung corticosteroid. Jika terlanjur infeksi dapat diobati dengan antibiotik.



Biduran/Kaligata
Deskripsi
Biduran/Kaligata adalah radang pada kulit biasanya terjadi pada jari kaki atau di antara jari. Kadang juga terjadi pada bagian tubuh lain. Umumnya kaligata tersebut muncul pada kondisi cuaca dingin. Hampir semua kelompok umur dan jenis kelamin dapat terjangkit radang ini.
Gejala
* Bulatan merah pada kulit terutama pada kaki atau tangan.
* Gatal-gatal
* Bilur-bilur membesar

Pengobatan
Pencegahan dapat dilakukan dengan mengenakan sarung tangan dan sepatu hangat di cuaca musim dingin. Biduran ini sembuh dengan sendirinya.

Amandel
Deskripsi
Amandel merupakan infeksi (radang) tonsil yang disebabkan virus. Biasanya diderita anak usia 5-15 tahun. Berdasar lama terjangkiti, amandel dibedakan menjadi 2; amandel akut dan amandel kronis.

Dikategorikan amandel akut jika
penyakit berlangsung kurang dari 3 minggu. Disebut amandel kronis jika terjadi 7 kali atau lebih dalam setahun, atau lima kali selama dua tahun, tiga kali setahun secara berturut-turut.

Gejala
Gejala-gejala amandel antara lain; penderita merasa tegorokan terasa kering, atau rasa mengganjal di tenggorokan (leher), nyeri saat menelan (nelan ludah ataupun makanan dan minuman) sehingga menjadi malas makan, nyeri dapat menjalar ke sekitar leher dan telinga.

Gejala lain berupa demam, sakit kepala, kadang menggigil, lemas, nyeri otot disertai batuk, pilek, suara serak, mulut berbau, mual, kadang nyeri perut, pembesaran kelenjar getah bening (kelenjar limfe) di sekitar leher. Terkadang penderita tonsilitis (kronis) mendengkur saat tidur (terutama jika disertai pembesaran kelenjar adenoid (kelenjar yang berada di dinding bagian belakang antara tenggorokan dan rongga hidung).

Gejala tersebut dapat diketahui jika si penderita melakukan pemeriksaan. Pada saat pemeriksaan, dijumpai pembesaran tonsil (amandel), berwarna merah, kadang dijumpai bercak putih (eksudat) pada permukaan tonsil, warna merah yang menandakan peradangan di sekitar tonsil dan tenggorokan.

Perlu diingat bahwa tidak semua keluhan dan tanda di atas diborong oleh satu orang penderita. Hal ini karena keluhan bersifat individual dan kebanyakan para orang tua atau penderita akan ke dokter ketika mengalami keluhan demam dan nyeri saat menelan.

Pengobatan
Dalam dunia medis sebenarnya tidak ada cara khusus mencegah amandel. Namun beberapa tips di bawah ini membantu untuk menghindarkan diri dari amandel, pertama, membiasakan cuci tangan sesering mungkin untuk mencegah penyebaran mikro-organisme yang dapat menimbulkan tonsilitis. Kedua, menghindari kontak dengan penderita infeksi tanggorokan, setidaknya hingga 24 jam setelah penderita infeksi tenggorokan (yang disebabkan kuman) mendapatkan antibiotika

Bakteri Gastroenteritis
Deskripsi
Bakteri Gastroenteritis adalah gangguan yang sangat umum. Bakteri Gastroenteritis merupakan gangguan pada perut dan isi perut yang disebabkan oleh bakteri.

Gangguan ini memiliki banyak
penyebab, dapat berkisar dari ringan sampai parah, dan biasanya memanifestasikan dengan gejala muntah, diare, dan perut tidak nyaman. Penyebab lain dari beberapa gejala ini termasuk infeksi virus, pola makan yang tidak benar, sindrom malabsorpsi, berbagai enteropathies, dan penyakit radang usus. Sejauh ini, komplikasi yang paling umum adalah dehidrasi.

Beberapa contoh bakteri yang mengganggu antara lain:  Campylobacter jejuni (Campylobacter enteritis), Clostridium, E. coli (E. coli enteritis), Salmonella ( Salmonella enteritis), Shigella (Sh, igella enteritis), Yersinia.

 Gejala
Beberapa organisme menyebabkan perbedaan gejala, namun gejala umum antara lain: nause dan muntah, kram perut, atau sakit perut.

Perawatan
Karena sebagian besar infeksi diare adalah tidak menular, maka perawatan medis terutama secara alami. Rehidrasi oral adalah andalan pengobatan. Bayi berisiko tinggi untuk komplikasi sekunder, oleh karen itu dan memerlukan pemantauan ketat, seperti yang dilakukan orang tua. Pertimbangkan rehidrasi intravena ketika rehidrasi oral tidak berhasil. Perhatian khusus harus dibayar untuk kebutuhan kalium yang diperlukan.
Bau Badan
Deskripsi
Bau badan adalah istilah yang digunakan untuk setiap bau yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan tubuh seseorang. Orang umumnya mengasosiasikan bau bandan dengan keringat, padahal keringat sebenarnya tidak mengelaurkan bau.

Keringat sebenarnya air dan garam yang dikeluarkan kelenjar keringat yang berfungsi mengontrol suhu tubuh. Yang menyebabkan bau justru bakteri yang ada di kulit seseorang. Bakteri tersebut ketika bercampur dengan keringatlah yang menghasilkan bau badan. Terkadang, bau bada dapat menjadi tanda kondisi medis yang lebih serius.

Penyebab bau badan antara lain obat, racun, sayuran tertentu, alkohol, keracunan arsenik, atau rokok. Bumbu masakan seperti bawang putih dan bawanghg merah mentah juga dapat memicu bau badan.

Gejala
Gejala umum bau badan adalah bau tak sedap yang dikeluarkan tubuh seseorang.

Perawatan
Seseorang yang rawan untuk mendapatkan bau badan yang tidak menyenangkan harus mencuci setiap hari dengan sabun. Individu mungkin juga mempertimbangkan untuk menggunakan deodoran dengan antiperspirant, untuk membantu mencegah berkeringat.







BRONKITIS AKUT
Deskripsi:
Bronkitis adalah infeksi di paru-paru yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Infeksi menyebabkan peradangan jaringan paru-paru. Secara umum, infeksi bakteri dan virus akan menyebabkan batuk kering atau batuk berdahak. Jika tidak diobati, Bronkitis bisa berubah menjadi pneumonia.

Gejala umum:
- batuk
- dahak
- demam
- dada nyeri

Perawatan:
Perawatan yang dilakukan adalah mengkonsumsi antibiotik seperti ceftin, augmentin, levaquin. Selain itu penderita disarankan untuk minum cairan sebanyak mungkin, dan berhenti merokok.
Deskripsi
Pertusis juga dikenal sebagai batuk rejan, adalah infeksi bakteri sangat menular ditandai dengan batuk keras. Pertusis dapat mematikan bagi bayi dan anak-anak kecil.
Tanda dan Gejala:
Tiga fase penyakit tercantum di bawah ini.

*      Fase Catarrhal phase (berlangsung selama 1 - 2 minggu):
- Infeksi saluran pernapasan atas
- Demam ringan
- Kehilangan nafsu makan
- Pilek
- Batuk ringan
*      Fase paroxysmal (berlangsung selama 1-6 minggu):
- Batuk meningkat (2 - 50 kali per hari), dan demam berkurang
- Bersin
- Batuk makin keras
- Muntah atau tersedak
- Pneumonia

*      Fase Penyembuhan (berlangsung 2 minggu sampai beberapa bulan):
- Batuk perlahan hilang

Perawatan
Bayi yang menderita pertusis harus ditangani segera oleh seorang dokter. Pada orang dewasa, perawatan sebagian besar untuk mengontrol gejala dan mencegah penyebaran. Karantina, cairan parenteral dan nutrisi, suplementasi oksigen, dan ventilasi mekanis mungkin diperlukan.
Batuk bukan merupakan penyakit
, melainkan gejala penyakit. Batuk merupakan refleks pertahanan tubuh untuk mengeluarkan dahak, riak, dan benda asing lainnya dari saluran pernafasan. Oleh karena itu, istilah untuk menghilangkan gejala batuk disebut simtomatik.

Batuk terdiri dari 2 macam; (1) batuk kering, dan (2) batuk berdahak. Sedangkan untuk obatnya juga dapat dibagi menjadi 2 jenis; (1) Anti-tusif: dekstrometorfan dan difenhidramin. (2) Ekspektoran: guaifenesin, gliseril guaikolat, ammonium klorida, bromheksin dan succus liquiritae. Anti-tusif berguna untuk mengobati batuk kering sedangkan ekspektoran untuk mengobati batuk berdahak.

Salah satu jenis batuk adalah batuk bronkittis. Batuk jenis ini terjadi karena peradangan pada saluran udara ke paru-paru. Brokitis dapat dibedakan dalam beberapa hal menurut penyebabnya. Bronkitis infeksiosa disebabkan virus dan bakteri. Bronkitis berulang terjadi pada para perokok dan penderita penyakit paru-paru. Bronkitis iritatif disebabkan oleh debu, asap, polusi udara, dan rokok.





Campak (Rubella)
Deskripsi
Rubella, juga disebut campak Jerman atau campak tiga hari, adalah infeksi virus menular pada kulit. Rubella tidak sama dengan campak (rubeola), walaupun kedua
penyakit melakukan berbagi beberapa karakteristik, termasuk ruam merah pada kulit.


Gejala
Tanda-tanda dan gejala rubella, terutama pada anak-anak, sering begitu ringan sehingga sulit untuk dilihat. Jika tanda-tanda dan gejala yang terjadi, mereka biasanya muncul antara dua dan tiga minggu setelah terpapar virus. Rubella biasanya berlangsung sekitar dua sampai tiga hari dan gejalanya sebagai berikut:
* Demam ringan dengan suhu 38,9 derajat Celcius atau lebih rendah
* Sakit kepala
* Hidung tersumbat atau pilek
* Radang, mata merah
* Ruam merah muda yang diawali pada wajah dengan cepat menyebar ke punggung dan kemudian lengan dan kaki
* Sakit sendi, terutama pada wanita muda

Perawatan
Tidak ada pengobatan untuk memperpendek infeksi rubella. Gejala biasanya sangat ringan, biasanya tidak diperlukan. Namun, dokter sering menganjurkan untuk mengisolasi penderita dari orang lain - terutama ibu hamil - selama periode infeksi.







Faringitis Kronik Atrofi
Diskripsi
Faringitis yang timbul akibat rangsangan dan infeksi pada laring karena terjadinya rinitis atrofi, sehingga udara pernafasan tidak diatur suhu dan kelembabannya.


Gejala
Gejala berupa tenggorok terasa kering dan mulut berbau. Pada pemeriksaan klinis tampak mukosa faring terdapt lendir yang melekat.

Pengobatan
Terapi dilakukan dengan rinitis atrofi, obat kumur, obat simotatik, dan yang terutama menjaga kebersihan mulut.


Faringitis-Viral
Deskripsi
Faringitis-Viral adalah peradangan pharynx (bagian tenggorokan antara amandel dan pangkal tenggorokan) yang disebabkan oleh virus. Selain virus, bakter juga dapat menyebabkan perdadangan. Namun yang paling umum
penyebab peradangan adalah virus. Ketika di tenggorokan tidak ditemukan bakteri penyebab gejala, kemungkinan besar faringitis disebabkan virus. Peradangan ini mengkibatkan sakit tenggorokan. Faringitis dapat terjadi sebagai bagian dari infeksi virus yang juga melibatkan sistem organ lain, seperti paru-paru atau usus.

Gejala

* Sakit tenggorokan
* Ketidaknyamanan menelan
* Demam
* Pembengkakan kelenjar getah bening di leher
* Nyeri sendi atau nyeri otot

Perawatan
Tidak ada pengobatan khusus untuk faringitis virus. Perawatan yang dapat dilakukan sendiri antara lain berkumur dengan air garam hangat (satu setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat) beberapa kali sehari, dan memakai obat anti-inflammatory atau obat seperti asetaminofen, yang mengendalikan demam. Namun mengkonsumsi anti-inflamasi atau semprotan pelega tenggorokan secara berlebihan dapat bsakit tenggorokan parah.

Hal ini penting untuk menghindari penggunaan antibiotik saat sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, karena antibiotik tidak akan membantu, dan menggunakannya dengan cara memberikan kontribusi untuk bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik. Dalam beberapa kasus sakit tenggorokan (misalnya, pada mononukleosis menular), kelenjar getah bening di leher dapat menjadi membengkak, dan anti-inflammatory seperti prednisone dianjurkan untuk mempermudah pernapasan dan menelan.

Gagal Jantung
 Deskripsi
Pada keadaaan normal, jantung berfungsi sebagai pemompa darah. Pada gagal jantung, jantung tidak berfungsi secara normal.  Akibatnya, darah yang digunakan untuk kebutuhan metabolisme jaringan dalam tubuh menjadi terganggu. Terganggunya fungsi jantung ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, meningkatnya asupan garam, hipertensi, emboli, anemia, kehamilan, atau endokarditis infektif.

Gejala
Terjadi pengumpulan darah yang mengalir ke bagian kanan jantung jika yang mengalami gangguan adalah jantung kanan. Akibatnya, terjadi pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, tungkai, hati dan perut.

Gagal jantung kiri menyebabkan pengumpulan cairan di dalam paru-paru (edema pulmoner). Akibatnya, sesak nafas yang hebat. Pada awalnya sesak nafas hanya terjadi pada saat melakukan aktivitas; tetapi sejalan dengan memburuknya
penyakit, sesak nafas juga akan timbul pada saat penderita tidak melakukan aktivitas.

Pengobatan

Pengobatan gagal jantung terdiri 3 macam, yakni, 1) meningkatkan oksigenasi dan menurunkan konsumsi oksigen, melalui istirahat, 2) memperbaiki kontaktilitas otot jantung, dan 3) menurunkan beban jantung.

Gigi Berlubang
 Deskripsi
Gigi berlubang disebabkan oleh kuman di gigi. Kuman tersebut menggerogoti lapisan gigi. Bakteri ini berasal dari sisa makanan yang tertinggal di mulut. Jika tidak segera disembuhkan, gigi berlubang dapat menyebabkan timbulnya
Penyakit yang lebih berbahaya. Kuman yang bersarang di gigi berlubang dapat menembus ke pembuluh darah.

Gejala
Gigi berlubang ditandai dengan terdapat noda putih atau kecoklatan pada permukaan gigi. Tanda lain, permukaan gigi kasar. Gigi berlubang terkadang menimbulkan rasa sakit.

Pencegahan

Untuk itu sebelum keadaan lebih gawat perlu dilakukan beberapa pencegahan, diantaranya; membersihkan gigi, membersihkan sikat gigi, menyikat gigi sampai bagian belakang.



Hantavirus
Deskripsi
Hantavirus merupakan virus yang disebarkan oleh tikus. Hantavirus terdapat pada tinja, air liur, air kencing tikus. Virus ini menular ke manusia jika berhubungan dengan hewan pengerat (tikus dan kelinci) yang terserang virus tersebut.

Gejala
Gejala pada penderita antara lain demam dan nyeri otot, sakit perut, diare, serta muntah. Gejala berlanjut menjadi batuk dan sesak nafas dalam-4-5 hari setelah terinfeksi.

Pengobatan
Jika tak segera ditangani,
penyakit ini bisa berakibat fatal yakni infeksi ginjal dan paru-paru. Belum ditemukan obat yang efektif untuk mengatasi masalah ini.
Hiprokondria
Deskripsi
 
Penyakit mental kronis di mana seseorang takut terdiagnosis mengalami penyakit serius yang mengancam jiwa. Keadaan murung dianggap sebagai gangguan psikosomatik, yang berarti itu gangguan psikologis dengan gejala fisik. Namun, beberapa peneliti percaya hipokondria adalah bentuk obsesif-kompulsif.

Penderita
penyakit ini merasa dirinya mengalami penyakit tertentu dengan gejala yang dialaminya. Misalnya, Anda mungkin percaya bahwa tubuh Anda sesekali nyeri berarti Anda merasa terkena kanker atau Anda lupa meletakkan  mana kunci mobil berarti Anda berkayikanan bahwa Anda mengalami penyakit Alzheimer. Keyakinan yang mungkin keliru itu kemudian mmembuat sedih penderita dam takut untuk ke berkonsultasi ke dokter.

Gejala
Tanda dan gejala penyakit Hipokrondria termasuk:
* Ketakutan atau kecemasan yang berlebihan mengalami penyakit tertentu
* Khawatir bahwa gejala minor berarti memiliki penyakit yang serius
* Mencari mengulangi ujian atau konsultasi medis
* Sering berganti dokter
* Frustrasi dengan dokter atau perawatan medis
* Hubungan sosial tegang
* Gangguan emosi
* Sering memeriksa tubuh untuk masalah-masalah, seperti benjolan atau luka
* Sering memeriksa tanda-tanda vital seperti denyut nadi atau tekanan darah
* Ketidakmampuan diyakinkan oleh ujian medis
* Berpikir mempunyai penyakit setelah membaca atau mendengar tentang hal itu
* Menghindari situasi yang membuat merasa cemas, seperti berada di rumah sakit

Perawatan
Hipokondria sering merupakan kondisi kronis. Penyakit ini dapat berlangsung selama bertahun-tahun karena sulit untuk diatasi karena menyangkut keyakinan bahwa seseorang mengalami penyakit fisik. Pengobatan penyakit hipokonria  bisa sulit, terutama jika penderita tidak mau dan peserta aktif dalam perawatan. Tapi pengobatan yang efektif sering kali berhasil. Perawatan seringkali upaya bersama antara dokter keluarga dan penyedia layanan kesehatan mental.









Infark Miokard Akut
Deskripsi
Nekrosis miokard (merupakan salah satu proses kematian sel yang dipengaruhi berbagai faktor patologis) akibat terjadinya gangguan aliran darah ke otot jantung.




Gejala
Nyeri di dada, penderita mengeluarkan keringat berlebihan.

Pengobatan
Pengobatan dapat berupa, istirahat total bagi pasien, diet makanan lunak serta rendah garam, serta pengobatan medis yang ditujukan untuk sedapat mungkin memperbaiki kembali aliran pembuluh darah koroner.


Infeksi Nocardia
 Deskripsi
Infeksi Nocardia adalah kelainan langka yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Nocardia, yang cenderung mempengaruhi paru-paru, otak, atau kulit. Hal ini terjadi terutama pada individu dengan sistem kekebalan yang lemah. Nocardia infeksi adalah infeksi bakteri kronis yang biasanya berasal dari paru-paru dan cenderung menyebar ke sistem organ lainnya - paling sering otak dan kulit. Kemungkinan juga melibatkan ginjal, sendi, jantung, mata, dan tulang-tulang.

Nocardia ditemukan dalam tanah di seluruh dunia. Hal ini menular ke manusia saat menghirup debu yang terkontaminasi atau melalui kontaminasi luka dengan tanah yang mengandung Nocardia.

Individu dengan sistem kekebalan yang normal bisa mendapatkan infeksi ini, faktor risiko utama untuk nocardiosis adalah sistem kekebalan yang lemah atau penyakit
paru-paru kronis. Orang di terapi steroid kronis, orang-orang dengan kanker, organ atau transplantasi sumsum tulang, atau HIV / AIDS beresiko terserang Nocardia.

Gejala
Gejala bervariasi dan tergantung pada organ-organ yang terlibat.
# Paru-paru (paru-paru nocardiosis):
# Demam
# Berkeringat di malam hari
# Berat badan turun
# Batuk darah
# Nyeri dada pernapasan atas (dapat terjadi tiba-tiba atau perlahan-lahan)
# Hilangnya fungsi neurologis (dapat dilihat, tergantung bagian otak yang terkena)
Beberapa individu mungkin tidak memiliki gejala.

Perawatan
Jangka panjang terapi antibiotik (biasanya dengan sulfonamid) selama 6 bulan sampai satu tahun (atau lebih tergantung pada individu dan are yang terinfeksi) yang diperlukan untuk mengobati Nocardia. Selain itu, pada pasien dengan abses disebabkan oleh infeksi, pembedahan mungkin diperlukan dalam rangka untuk menjamin drainase yang memadai.
Insomnia
 Deskripsi
Insomnia merupakan gejala/keadaan ketika seseorang mengalami kesulitan tidur. Jika sudah kronis, insomnia bisa membuat stres, depresi, menyebabkan sakit, cemas dan banyak lagi.

Gejala
Susah tidur di malam hari.
Pencegahan
Untuk mengatasi insomnia kronis sejak dini yang sebaiknya dilakukan:
1. Mengatur pola tidur sestabil mungkin. Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, walaupun hari libur. Membiasakan menepati jadwal itu agar pola tidur kembali normal.

2. Menghindari minum kopi ataupun makanan dan minuman berkafein dari sore hingga malam menjelang tidur.

3. Membiasakan berolahraga.

4. Meninggalkan rokok, karena nikotin yang terdapat dalam rokok adalah stimulan.

5. Menggunakan ranjang hanya untuk tidur. Bagi yang sudah bersuami istri menggunakan ranjang sebagai aktivitas hubungan intim. Selain itu, tidak membiasakan diri melakukan kegiatan lain di atas ranjang. Seperti makan atau bekerja. Hal ini berguna untuk mensugesti bahwa ketika di ranjang maka itulah saatnya tidur.

6. Mengatur kondisi kamar senyaman mungkin, tenang, dan sedikit gelap. Jika jam dinding membuat sulit terlelap sebaiknya jangan tidur menghadap jam.



Intertrigo
Deskripsi
Intertrigo Diagnosis mengacu pada suatu peradangan pada lipatan tubuh. Hal ini biasanya terletak di paha bagian dalam, ketiak, dan bagian bawah payudara atau perut. Lipatan tersebut membuat kulit tampak merah. Lipatan tersebut menyebabkan gatal, timbul cairan dan agak sakit. Hal ini paling sering disebabkan oleh lecet, kulit lembab, terutama pada mereka yang kelebihan berat badan atau diabetes. Infeksi bakteri atau ragi kemudian akan berkembang pada kulit yang rusak.

Tanda dan Gejala

Intertrigo ini paling sering terlihat di daerah lipatan kulit. Pada orang yang mengalami obesitas, kulit saya menjadi meradang di lipatan leher, pada kulit di belakang lutut atau di depan siku, di lipatan paha dan pangkal paha, atau, lebih jarang terjadi, di bawah lipatan payudara atau perut. Kemerahan dan istirahat di kulit (erosi) yang berlawanan permukaan kulit dapat dicatat. Daerah mungkin cairan atau sakit atau gatal.

Perawatan
Ragi atau infeksi bakteri bisa diobati dengan topik atau obat-obatan oral. Resep topikal steroid seperti hidrokortison krim dapat digunakan, tetapi hanya untuk beberapa minggu. Krim steroid topikal yang lebih kuat akan lebih cepat efektif, tapi jika digunakan untuk lebih dari beberapa hari dapat menyebabkan kerusakan kulit yang serius.

Menjaga daerah kering dan terkena udara dapat mencegah rekuren. Jika obesitas, penurunan berat badan sangat membantu. Sebuah gumpalan kapas penyerap lembut, atau sebuah band dari kain katun akan membantu menyerap keringat. Antiperspirants akan membantu jika kelebihan berkeringat adalah bagian dari masalah tetapi hanya boleh mencoba ketika telah benar-benar sembuh. Hal ini juga membantu untuk mencuci setiap hari dengan sabun antibakteri dan debu dengan AF Zeasorb Powder.
Penyakit ini biasa kambuh, oleh sebab itu disarankan kepada pasien untuk berkonsultasi secara berkala kepada dokter kulit.
Jantung Koroner
Deskripsi
 
ini disebabkan penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner), dan hal ini lama kelamaan diikuti berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat, perkapuran, pembekuan darah, dll. Penumpukan akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut.

Hal ini akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah dan dapat menimbulkan berbagai akibat yang cukup serius, dari Angina Pectoris (nyeri dada) sampai Infark Jantung. Masyarakat mengenalnya sebagai serangan jantung. Serangan ini dapat menyebabkan kematian mendadak.
Beberapa penyebab penyakit ini antara lain, kadar Kolesterol Total dan LDL tinggi, kadar Kolesterol HDL rendah, hipertensi, merokok, Diabetes Mellitus, obesitas, riwayat keturunan penyakit jantung dalam keluarga, kurang olah raga, dan stress.

Gejala
Penderita merasa nyeri di dada, lemas mendadak atau pingsan. Jika tidak ditangani medis secepat mungkin dapat menyebabkan kematian.

Pencegahan
Menghindari makanan berlemak sejak dini serta sering berolahraga.
Keloid
Deskripsi
Sebuah keloid, kadang-kadang disebut sebagai keloid bekas luka. Keloid, biasanya memiliki puncak yang halus dan warna merah muda atau ungu. Keloid berbentuk tidak teratur dan cenderung makin membesar.

Perbedaan antara keloid dan bekas luka terletak pada bekas yang ditinggalkan. Pada luka, proses penyembuhan biasanya meninggalkan bekas luka yang datar. Terkadang bekas luka itu hipertrofik, atau menebal, tetapi terbatas pada wilayah kulit yang terluka.

Sedangkan pada keloid, sebaliknya, mungkin mulai beberapa waktu setelah cedera dan memanjang keluar daerah yang terluka. Bahkan cenderungan melebar ke daerah sekitarnya yang tidak terluka. Keloids biasanya muncul setelah operasi atau cedera, tetapi mereka dapat juga muncul secara spontan atau sebagai akibat peradangan, seperti jerawatdi dada (bahkan salah satu yang tidak tergores atau jengkel). Contoh lain seprti, luka ringan, luka bakar dan tindikan.

Tanda dan Gejala
Keloid membesar dan tampak mengkilat dan berbentuk seperti kubah, mulai dari merah muda menjadi merah.  Selain potensial menyebabkan masalah cenderung gatal atau bahkan sakit saat disentuh.

Pengobatan
Keloid dapat dihilangkan dengan beberapa cara antara lain; suntikan cortison, bedah, laser, cryoterapi, interferon, flurorasil, dan radiasi.




Keratosis Pilaris
Deskripsi
Keratosis pilaris sangat umum terjadi pada kulit terutama di lengan atas dan paha muncul bintik-binti
k biasa menyerang orang dengan jenis kulit yang kering.


Tanda dan Gejala
Kulit akan tampak kemerah-merahan. Lokasi yang paling umum untuk Keratosis pilaris meliputi: punggung dari lengan atas, bagian depan paha, pantat, dan pada kulit anak-anak.

Perawatan
Banyak Keratosis Pilaris membaik seiring waktu. Namun, umumnya dianggap sebagai kondisi kulit kronis. Perawatan ditujukan untuk mengendalikan bintik-bintik yang kasar. Keratosis pilaris akan kembali muncul jika terapi dihentikan.
Kista Indung Telur
Deskripsi
Ada dua hal yang harus dipahami untuk memahami
penyakit ini. Pertama, memahami indung telur, dan kedua kista.

Indung telur dimiliki tiap wanita, jumlahnya ada 2 di sebalah kanan dan kiri. Besarnya, sebesar biji kenari. Indung telur berisi ribuan telur yang masih muda. Tiap bulan telur muda itu kemudian membesar dan matang. Saat pembuahan (ovulasi), telur yang matang ini keluar melaui saluran telur menuju ke rahim.

Apabila sel telur yang matang ini tidak dibuahi, telur yang muda tadi akan mengecil dan menghilang dalam waktu 2-3 minggu dan akan terus berulang sesuai siklus haid seorang wanita. Jika terdapat gangguan proses siklus tersebut maka akan terjadi apa yang dinamakan kista. Jadi, kista bukan semacam kanker.

Gejala
Materialnya berupa cairan atau setengah cair. Kista ini akan menyebabkan kesakitan jika terpuntir, atau pecah. Jika tidak terpuntir atau pecah, kista ini tidak menimbulkan gejala apapun. Namun bila pecah, penderita biasanya akan mengalami sakit pada perut saat haid.

Pengobatan
Kista pada umumnya tidak akan menjadi ganas, namun tetap harus diwaspadai kemungkinannya berubah ganas. Biasanya kista ini akan sembuh dengan sendirinya dalam 60 hari.
KURAP/KADAS
Penyakit kurap / kurap/Ringworm (tinea) adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh beberapa jamur yang berbeda dan bisanya dikelompokkan berdasarkan lokasinya pada tubuh. Meskipun namanya, infeksi ringworm tidak berhubungan dengan cacing. Nama tersebut timbul karena tambalan kulit berbentuk gelang yang diciptakan oleh infeksi tersebut.
PENYEBAB KURAP / KADAS
Berbagai jenis jamur.
JENIS KURAP / KADAS
Athlete’s foot
Disebut juga kadas/kurap di kaki, merupakan suatu infeksi jamur yang biasanya muncul pada cuaca panas/hangat.
Biasanya disebabkan oleh Trichophyton atau Epidermophyton, yaitu jamur yang bisa tumbuh di daerah yang lembab dan hangat, diantara jari-jari kaki.
Jamur bisa menyebabkan terbentuknya sisik-sisik yang sangat halus tanpa gejala lainnya atau sisik-sisik yang lebih kadar disertai ruam yang terasa gatal, kasar dan menimbulkan nyeri di sela-sela jari kaki dan di tepian kaki.
Juga bisa terbentuk lepuhan yang berisi cairan.
Jamur bisa menyebabkan kaki menjadi retak-retak sehingga terjadi infeksi bakteri, terutama pada penderita usia lanjut dan penderita gannguan aliran darah ke kaki.
Kadas/kurap di selangkangan
Disebut juga jick itch dan bisa disebabkan oleh sejumlah jamur.
Lebih sering ditemukan pada pria dan lebih sering terjadi pada cuaca hangat.
Infeksi menyebabkan kemerahan berbentuk seperti cincin, kadang disertai lepuhan kecil di kulit sekitar selangkakan dan kulit paha atas bagian dalam.
Bisa menimbulkan gatal-gatal dan bahkan nyeri.
Meskipun telah diobati sering terjadi infeksi ulangan.
Kadas/kurap di kulit kepala
Penyebabnya adalah Trichophyton atau Microsporum.
Penyakit ini sangat menular, terutama pada anak-anak.
Bisa menyebabkan terbentuknya ruam merah bersisik yang kadang terasa gatal atau menyebabkan kerontokan rambut yang meninggalkan bercak pitak tanpa disertai ruam.
Kadas/kurap di kuku
Penyakit kurap kuku (tinea unguium, onychomycosis) adalah infeksi kuku paling sering yang disebabkan oleh Trichophyton. Jamur bisa masuk ke dalam kuku, menghasilkan penebalan, tak bercahaya, dan kuku berubah bentuk. Infeksi lebih cukup sering terjadi pada kuku kaki dibandingkan kuku jari. Kuku kaki yang terinfeksi bisa terlepas dari tempat tidur kuku, remuk, atau berserpihan.
Kadas/kurap pada badan

> Penyebabnya adalah Trichophyton.
Infeksi biasanya menyebakan ruam berwarna pink sampai merah yang kadang membentuk bercak bundar dan tengahnya jernih.
Kadas/kurap badan bisa ditemukan di setiap kulit tubuh.
Kadas/kurap pada janggut
Jarang terjadi.
Sebagian besar infeksi yang menyerang janggut disebabkan oleh bakteri, bukan jamur.
Jock itch (tinea cruris) lebih umum pada pria dibandingkan wanita dan terjadi lebih sering di udara hangat. Infeksi tersebut mulai pada lipatan kulit pada daerah kelamin dan bisa menyebar menuju paha dalam bagian atas. Biasanya skrotum tidak termasuk (tidak seperti infeksi jamur). Ruam memiliki sisik, pinggiran merah jambu. Jock itch bisa sangat gatal dan kemungkinan terasa sangat sakit. Orang yang rentan bisa mengalami infeksi berulang.
DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya.
PENGOBATAN
Obat jamur topikal
• Amorolfine
• Butenafine
• Ciclopirox
• Clotrimazole
• Econazole
• Haloprogin
• Ketoconazole
• Miconazole
• Naftifine
• Nystatin (hanya Candida)
• Oxiconazole
• Selenium sulfide (shampo untuk panu)
• Sulconazole
• Terbinafine
• Terconazole
• Tioconazole
• Tolnaftate
• Undecylenate
Kebanyakan infeksi penyakit kurap, kecuali pada kulit kepala dan kuku, adalah ringan. Krim anti jamur biasanya menyembuhkannya. Banyak krim anti jamur efektif bisa dibeli tanpa resep ; bedak anti jamur umumnya tidak bagus. Bahan aktif dalam obat-obatan anti jamur topikal termasuk miconazole, clotrimazole, econazole, oxiconazole, ciclopirox, ketoconazole, terbinafine, dan butenafine.
Biasanya, krim dioleskan sekali atau dua kali sehari, dan pengobatan harus dilanjutkan untuk 7 sampai 10 hari setelah ruam hilang seluruhnya. Jika krim tersebut dihentikan dengan segera, infeksi tersebut tidak bisa dibasmi, dan ruam tersebut akan kembali. Ciclopirox dalam bentuk pernis kuku kemungkinan dicat pada infeksi jamur pada kuku. Pengobatan ini bisa memerlukan waktu sampai 1 tahun, meskipun begitu, dan masih tidak bisa efektif.
Beberapa hari bisa terlewati sebelum krim anti jamur mengurangi gejala-gejala. Krim kortikosteroid seringkali digunakan untuk membantu menghilangkan rasa gatal dan sakit untuk beberapa hari pertama. Hidrokortison dosis-rendah tersedia bebas; kortikosteroid yang lebih keras memerlukan resep dan kemungkinan ditambahkan ke krim anti jamur.
Untuk infeksi kulit dan infeksi kuku yang lebih serius atau membandel, seorang dokter bisa meresepkan obat anti jamur untuk digunakan dengan diminum, itraconazole, terbinafine, dan griseofulvin, semuanya efektif. Obat-obatan ini digunakan setiap hari. Beberapa dokter meresepkan fluconazole, yang kemungkinan diberikan sekali seminggu untuk 3 sampai 4 minggu untuk penyakit kurap pada tubuh. Penyakit kurap pada kuku memerlukan pengobatan lebih lama dengan itraconazole atau terbinafine : 6 minggu untuk jari kuku dan 12 minggu atau lebih untuk jari kaki. Sampai 1 tahun diperlukan untuk jari kaki baru untuk tumbuh. Terbinafine adalah obat paling efektif yang tersedia untuk mengobati penyakit kurap pada kuku. Griseofulvin dibutuhkan untuk pengobatan untuk jangka yag lebih lama. Meskipun begitu, penyakit kurap pada kuku tidak selalu bereaksi terhadap obat-obatan yang digunakan melalui mulut dan bisa kambuh bahkan setelah pengobatan tampaknya sangat berhasil. Penyakit kurap pada kepala bisa memerlukan pengobatan dengan obat-obatan yang digunakan dengan mulut untuk 4 sampai 6 minggu-atau bahkan lebih lama jika griseofulvin digunakan. Beberapa dokter memberikan kortikosteroid melalui mulut untuk anak dengan kerion pada kulit kepala.
Jika infeksi penyakit kurap keluar, infeksi bakteri bisa juga telah terbentuk. Beberapa infeksi bisa memerlukan pengobatan dengan antibiotik, yang lainnya dioleskan pada kulit atau diberikan melalui mulut.
PENCEGAHAN
Sulit untuk mencegah Kurap.
Jamur yang menyebabkan kurap adalah umum dan menular bahkan sebelum gejala muncul. Namun, Anda dapat membantu mengurangi risiko penyakit kurap dengan mengambil langkah-langkah ini:
Didiklah diri Anda dan orang lain. Sadar akan risiko terinfeksi kurap dari orang atau binatang peliharaan. Beritahu anak-anak Anda tentang kurap, apa yang harus diperhatikan dan bagaimana untuk menghindari infeksi.
Tetaplah bersih. Cuci tangan Anda sesering mungkin untuk menghindari penyebaran infeksi. Menjaga daerah umum atau berbagi tetap bersih, khususnya di sekolah-sekolah, pusat penitipan anak, pusat kebugaran dan kamar ganti.
Tetap sejuk dan kering. Jangan memakai pakaian tebal untuk jangka waktu yang lama dalam keadaan hangat dan lembab. Hindari keringat berlebihan.
Hindari hewan yang terinfeksi. Infeksi sering terlihat seperti sepotong kulit di mana bulu yang hilang. Dalam beberapa kasus, meskipun, Anda mungkin tidak akan melihat adanya tanda-tanda penyakit. Tanyakan kepada dokter hewan untuk memeriksa hewan peliharaan dan hewan peliharaan untuk kurap.
Jangan berbagi barang pribadi. Jangan biarkan orang lain menggunakan pakaian, handuk, sisir atau barang pribadi lainnya. Menahan diri dari meminjam barang-barang dari orang lain juga.





Kutil

Deskripsi
Kutil adalah pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh virus yang disebut human papillomavirus (HPV). Virus ini menyebabkan sel mengalami pertumbuhan cepat pada lapisan kulit luar. Sebagaimana diketahui, kutil bukan termasuk jenis kanker.

Kenyataannya, kutil biasanya tidak berbahaya dan sering hilang sendiri.  Namun jika  kutil tersebut mengganggu atau memalukan bisa dihilangkan.

Gejala
Tanda yang nampak dari kutil antara lain:
* Benjolan keci dan kasar di kulit
* Berwarna, putih, merah muda atau cokelat
* Kasar saat disentuh

Kutil biasanya tumbuh di tangan, jari, atau dekat kuku. Bisa juga tumbuh di bagian lain dari tubuh.

Perawatan

Kutil tidak memerlukan pengobatan, tetapi bisa dihilangkan. Perawatan tanpa bantuan dokter dengan menggunakan Asam salisilat, yang dilakukan secara rutin dan telaten bisa mengatasi masalah kutil. Meski bisa dihilangkan, kemungkinan kutil akan kambuh setelah pengobatan, dan akan menjadi masalah yang berkelanjutan.

Lamellar Ichthyosis
 Deskripsi
Lamellar Ichthyosis merupakan kelainan yang sangat langka di mana bayi lahir ditutupi dengan membran yang transparan gudang untuk mengungkapkan bercak-bercak kulit bersisik merah berbagai ukuran.

Gejala
Gejala umum pada penderita antara lain kulit merah, kulit bersisik, alis jarang, kulit tipis, pertumbuhan kuku berlebihan.

Perawatan
Mooisturizer yang mengandung urea dan ammonium lactat mungkin dapat membantu. Juga, obat retinoid seperrti tazarotene mungkin juga bisa digunakan pada kulit.

Lendir Kista
Deskripsi
Lendir kista berupa kantung tipis pada permukaan dalam bibir yang berisi cairan bening. Lendir kista adalah umum. Lendir ini terkadang tidak menimbulkan rasa sakit, tapi dapat mengganggu karena menyadari benjolan di mulut.

Lendir kista tidak berbahaya. Namun jika tidak diobati dapat membentuk benjolan permanen pada permukaan dalam bibir. Benjolan ini disebut ranula bila muncul di lantai mulut, dan epulis bila di gusi.

Gejala
Muncul kantung tipis berisi cairan muncul di bagian dalam bibir. Kantung berwarna kebiruan dan tampak jelas. Kantung tidak menimbulkan rasa sakit, tapi mengganggu. Kantung juga dapat terjadi di lidah, langit-langit mulut, di dalam pipi, lantai dari mulut, atau sekitar tindikan lidah atau bibir.

Perawatan
Sebuah kista mukosa biasanya akan pecah secara spontan. Membuka bagian atas kantung dengan jarum steril akan membantu hilangnya kantung tersebut. Jika kista muncul kembali, perlu untuk dihapus secara medis.






Linu Panggul
Deskripsi
Linu panggul merupakan gejala nyeri, kesemutan, mati rasa atau kesulitan bergerak di panggul. Linu panggul biasa menyerang orang usia 30-50 tahun. Linu ini berhubungan dengan saraf skiatik. Oleh karena itu linu panggul bukan satu jenis
penyakit, melainkan kumpulan gejala dari penyakit.

Gejala
Nyeri, kesemutan, mati rasa atau kesulitan bergerak di panggul.

Perawatan
Ada beberapa cara pengobatan untuk linu panggul. Pengobatan tersebut disesuaikan dengan
penyebab terjadinya linu. Namun beberapa cara seringkali dipakai penderita, antara lain, terapi fisik, terapi pijat, atau penggunaan obat.
Listeriosis
Deskripsi
Infeksi Listeria disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes. Infeksi ini jarang terjadi, tetapi ketika hal itu terjadi paling sering menyerang ibu hamil pada trimester terakhir, bayi yang baru lahir, dan anak-anak dan orang dewasa yang kekebalan dilemahkan oleh
penyakit seperti kanker atau HIV. Orang-orang yang telah memiliki berbagai jenis transplantasi juga lebih berisiko untuk terinfeksi.

Bakteri Listeria dapat ditularkan melalui tanah dan air. Sayuran dapat terkontaminasi dari tanah atau dari pupuk kandang yang digunakan sebagai pupuk. Hewan dapat juga membawa bakteri ini meskipun tanpa terlihat sakit dan dapat mengkontaminasi makanan dari hewan seperti daging dan susu. Seseorang dapat terinfeksi listeria akibat makan makanan tertentu, seperti daging, keju, susu, ayam matang, hot dog mentah, kerang, dan kubis yang terkontaminasi. Namun banyak kasus infeksi, tidak diidentifikasi sumbernya.

Gejala
Listeria dapat membuat gejala infeksi seperti demam, muntah, diare, kemalasan, kesulitan bernapas, dan tidak nafsu makan. Wanita hamil yang mengalami listeriosis mengalami gejala mirip flu, meskipun mereka berisiko terjadi kelahiran prematur, keguguran, atau bayi mati setelah dilahirkan. Orang yang mempunyai sistem kekebalan yang lemah beresiko lebih tinggi untuk terserang
penyakit lain yang lebih serius dari listeria, termasuk pneumonia, meningitis, dan sepsis.

Pengobatan

Ketika bakteri menginfeksi ibu hamil maka pemberian antibiotik diperlukan untuk mencegah infeksi pada janin atau bayi yang dilahirkan. Antibiotik juga dapat diberikan kepada penderita dewasa atau anak-anak yang terinfeksi bakteri ini.

Pencegahan
Pencegahan utama dapat dilakukan dengan memasak makanan secara higienis atau minimal memasak makanan sampai benar-benar matang. Pencegahan lain dapat dilakukan dengan cara mencuci sayuran mentah hingga bersih sebelum dimasak atau dikonsumsi langsung.





Melasma
 Deskripsi
Melasma cenderung muncul selama kehamilan atau wanita yang memakai kontrasepsi oral. Meski demikian, siapapun bisa mengalami
penyakit ini.

Gejala
Gejala yang nampak adalah adanya area gelap di kulit. Biasanya muncul di wajah. Pigmentasi lain sering terjadi di pipi, dahi, di atas bibir, dan hidung.

Perawatan
Melasma biasanya hilang dengan sendirinya ketika masa kehamilan berakhir atau kontrasepsi oral dihentikan. Penderita juga dapat menggunakan tabir surya pada bercak-bercak hitam untuk meminimalisir gejala.

Molluscum Contagiosum
 Deskripsi
Molluscum Contagiosum adalah relatif umum dari infeksi virus pada kulit yang paling sering mempengaruhi anak-anak. Akibatnya mu ncul benjolan (papula) yang tidak menimbulkan rasa sakit dan biasanya hilang dalam waktu satu tahun tanpa pengobatan. Jika papula yang tergores atau terluka, infeksi dapat menyebar ke kulit di sekitarnya.

Walaupun sering terjadi pada anak-anak, orang dewasa terserang virus ini. Pada orang dewasa, Molluscum Contagiosum dapat menyerang alat kelamin yang dianggap sebagai bagian
penyakit menular seksual (PMS).

Moluskum kontagiosum menyebar melalui kontak langsung orang-ke-orang atau melalui kontak dengan benda-benda yang terkontaminasi. Karena menyebar dengan mudah, dokter sering merekomendasikan perawatan medis, khususnya untuk orang dewasa.

Gejala
Gejala yang muncul berupa benjolan, bulat, (papula) pada kulit.
* diameter Kecil - biasanya sekitar 1/16 inci hingga 3/16 inci (sekitar 2-5 milimeter).
* Ciri khas memiliki titik kecil di atas benjolan.
* Dapat menjadi merah dan meradang
* Dapat dengan mudah dihilangkan dengan menggaruk atau menggosok mereka, tetapi ini menyebar virus ke kulit berdekatan

Perawatan

Bagi orang-orang dengan sistem kekebalan normal, Molluscum Contagiosum    sembuh tanpa perawatan dalam waktu enam sampai 12 bulan, meskipun kadang-kadang dapat terjadi sampai bertahun-tahun baru menghilang sepenuhnya. Mungkin memakan waktu lebih lama untuk anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya kurang baik.

MRSA
Deskripsi
Infeksi Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus - sering disebut "Staph." Bakteri ini kadang resisten terhadap antibiotik yang umum digunakan untuk mengobatinya. Jika tanpa penanganan yang tepat MRSA dapat berakibat fatal. Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah berpotensi untuk mudah terserang bakteri ini.

Gejala
Umumnya mulai sebagai benjolan merah kecil yang menyerupai jerawat, bisul atau gigitan laba-laba. Ini dapat dengan cepat berubah menjadi mendalam, menyakitkan abses yang memerlukan pembedahan melelahkan. Kadang-kadang bakteri tetap terbatas pada kulit. Tetapi bakteri juga dapat menembus ke dalam tubuh, berpotensi menyebabkan infeksi yang mengancam tulang, sendi, luka bedah, aliran darah, katup jantung dan paru-paru, yang pada akhirnya mengancam jiwa seseorang.

Perawatan
Di rumah sakit dan fasilitas perawatan, dokter sering mengandalkan vankomisin antibiotik untuk mengobati kuman resisten. CA-MRSA dapat diobati dengan antibiotik vankomisin atau lainnya yang telah terbukti efektif terhadap strain tertentu. Meskipun vankomisin menyelamatkan nyawa, hal itu mungkin menjadi kurang efektif juga. Beberapa rumah sakit telah melihat strain MRSA yang kurang mudah dibunuh oleh vankomisin.

Dalam beberapa kasus, antibiotik mungkin tidak perlu. Sebagai contoh, dokter mungkin menguras abses dangkal yang disebabkan oleh MRSA daripada mengobati infeksi dengan obat-obatan.


Multiple lentigines syndrome>
 Deskripsi
Multiple lentigines sindrom adalah gangguan turunan yang dapat diidentifikasi dengan peningkatan jumlah lentigines (seperti bintik-bintik). Orang yang terkena dampak memiliki lentigines sebagai tanda yang paling jelas. Ini sebagian besar terletak di punggung dan leher. Orang yang terkena dampak juga memiliki mata lebar-set (hypertelorism), terkemuka telinga, saraf tuli (parsial), dan kafe-au-lait spot (tanda lahir berwarna cokelat muda).

Gejala

Gejala dapat diketauhi dari riwayat keluarga yang mengidap lentigines, bintik-bintik di leher, mata lebar (hypertelorism), kelainan sternum atau tulang dada, pertumbuhan lambat, dan pubertas tertunda.

Pengobatan
Perawatan diarahkan pada gejala. Tingkat gangguan pendengaran harus diutamakan dan disediakan alat bantu dengar. Perawatan lain mungkin dilakukan berkaitan dengan pubertas untuk menuju perubahan yang normal terjadi.







Noma
Deskripsi
Noma adalah jenis gangren yang menghancurkan selaput lendir mulut dan jaringan lain. Hal ini terjadi pada anak-anak kekurangan gizi di daerah-daerah yang kurang bersih.

Penyebab
pasti tidak diketahui, tetapi mungkin disebabkan oleh bakteri yang disebut fusospirochetal organisme. Kelainan ini paling sering terjadi pada remaja, anak-anak penderita gizi buruk antara usia 2 dan 5 tahun. Sering mereka memiliki suatu penyakit seperti campak, demam berdarah, TBC, kanker, atau immunodeficiency.

Faktor risiko mencakup Kwashiorkor dan bentuk lain dari kekurangan gizi protein yang parah, buruknya sanitasi dan kebersihan yang buruk, kelainan seperti campak atau leukemia, dan tinggal di sebuah negara miskin.

Gejala
Noma menyebabkan kerusakan jaringan memburuk secara cepat. Gusi dan dinding pipi meradang dan berkembang menjadi bisul. Borok berkembang dan mengeluarkan bau busuk, menyebabkan bau nafas dan bau pada kulit.

Infeksi menyebar ke kulit, dan jaringan di bibir dan pipi mati. Proses akhirnya dapat menghancurkan jaringan lunak dan tulang. Akhirnya penghancuran tulang di sekitar mulut menyebabkan cacat dan kehilangan gigi.
Noma dapat juga mempengaruhi alat kelamin, menyebar ke kulit kelamin (ini kadang-kadang disebut noma pudendi).

Pengobatan
Antibiotik dan nutrisi yang tepat membantu menghentikan penyakit
yang semakin parah. Operasi plastik mungkin diperlukan untuk menghilangkan jaringan hancur dan merekonstruksi tulang wajah. Hal ini akan meningkatkan penampilan wajah dan fungsi mulut dan rahang.

 langsung download di sini

Comments

Popular Posts