MACAM - MACAM PENYAKIT PADA GANGGUAN SISTEM MUSCULOKELETAL

MACAM - MACAM PENYAKIT PADA GANGGUAN SISTEM MUSCULOSKELETAL
1.osteoporosis
   Osteoporosis adalah suatu kondisi  tulang yang melemah, dan  lebih mungkin untuk tulang patah. Karena tidak ada gejala, Anda mungkin tidak tahu tulang Anda semakin lemah sehingga  Anda mematahkan tulang!  'Osteoporosis' secara harfiah berarti 'tulang keropos' dan sering disebut sebagai 'penyakit tulang rapuh' dalam peningkatan risiko patah tulang dari pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan.

2.osteomalacia
Osteomalasia adalah penyakit metabolisme tulang yang dikarakteristikkan oleh kurangnya mineral dari tulang (menyerupai penyakit yang menyerang anak-anak yang disebut rickets) pada orang dewasa, osteomalasia berlangsung kronis dan terjadi deformitas skeletal, terjadi tidak separah dengan yang menyerang anak-anak karena pada orang dewasa pertumbuhan tulang sudah lengkap (komplit). .( Smeltzer. 2001: 2339 )



3.scoliosis
Scoliosis adalah terjadinya kelengkungan tulang belakang yang tidak normal. Pada x-ray, spine (sumsum tulang belakang) seseorang dengan scoliosis tampak seperti “S” atau “C” dibanding sebuah garis lurus. Beberapa tulang pada scoliotic spine mungkin juga telah berputar sedikit, membuat pinggang atau bahu seseorang terlihat tidak rata.

4.osteomielitis
Osteomielitis adalah infeksi tulang. Infeksi tulang lebih sulit disembuhkan daripada infeksi jaringan lunak karena terbatasnya asupan darah, respons jaringan terhadap inflamasi, tingginya tekanan jaringan dan pembentukan involukrum (pembentukan tulang baru di sekeliling jaringan tulang mati). Osteomeilitis dapat menjadi masalah kronis yang akan mempengaruhi kualitas hidup atau mengakibatkan kehilangan ekstremitas

5.osteo arthtritis

Osteoartritis (OA) merupakan penyakit sendi yang karakteristiknya terjadinya penipisan rawan sendi secara progresif, disertai dengan pembentukan tulang baru pada trabekula subcondral dan terbentuknya rawan sendi dan tulang baru pada tepi sendi (osteofit). 
 
6.rheumatoid arthtritis


Artritis Reumatoid (AR) merupakan suatu penyakit yang tersebar luas serta melibatkan semua kelompok ras dan etnik di dunia. Penyakit ini merupaka suatu penyakit autoimun yang ditandai dengan terdapatnya sinovitis erosif simetrik yang walaupun terutama mengenai jaringan persendian, seringkali juga melibatkan organ tubuh lainnya
 
7.spondylitis


spondylitis adalahsuatu  bentuk atrithis yang langka menyebabkan peradangan pada tulang belakang dan sendi-sendi sakroiliak. Kondisi ini ditandai dengan kekakuan progresif dari sekelompok sendi dan ligamen di tulang belakang, menyebabkan rasa sakit kronis dan gangguan mobilitas tulang belakang.
 
8.kanker tulang

kanker tulang adalah penyakit kenker pada tulang
 
9.kelainan otot


Kelainan otot adalah timbulnya rasa nyeri, hangat, dan kekakuan pada otot 



10.amputasi



Amputasi adalah pengangkatan melalui bedah / traumatik pada tungkai.
 
11.fraktur


Fraktur atau patah tulang adalah terputusnya kontinuitas tulang dan ditentukan sesuai jenis dan luasnya (Smeltzer S.C & Bare B.G, 2001) atau setiap retak atau patah pada tulang yang utuh (Reeves C.J, Roux G & Lockhart R, 2001).

12.sport injuries


sport injuries adalah suatu benturan yang dapat menyebabkan terjadinya sesutu yang fatal bagi tulang atau sendi



13.strains


Strain adalah bentuk cidera berupa penguluran atau kerobekan pada struktur muskulo tendinous (otot dan tendon). Strain akut pada struktur muskulo-tendinous terjadi pada persambungan antara otot dan tendon. Strain terjadi ketika otot terulur dan berkontraksi secara mendadak, seperti pada pelari atau pelompat. Tipe cidera ini sering terlihat pada pelari yang mengalami strain padahamstringnya. Beberapa kali cidera terjadi secara mendadak ketika pelari dalam melangkahpenuh. Gejala pada strain otot yang akut bisa berupa nyeri, spasme otot, kehilangan kekuatan,dan keterbatasan lingkup gerak sendi.

14.dislokasi dan sublukasi




 
Dislokasi adalah terlepasnya kompresi jaringan tulang dari kesatuan sendi. Dislokasi ini dapat hanya komponen tulangnya saja yang bergeser atau terlepasnya seluruh komponen tulang dari tempat yang seharusnya (dari mangkuk sendi)

Sublukasi adalah istilah yang dipakai untuk menunjukkan adanya deviasi hubungan normal antara rawan yang satu dengan rawan lainnya yang masih menyentuh berbagai bagian pasangannya



Comments

Popular Posts